[HOAKS atau FAKTA]: Lionel Messi Dukung Israel

Mula AkmalMula Akmal - Senin, 04 Desember 2023
[HOAKS atau FAKTA]: Lionel Messi Dukung Israel
Tangkap layar konten hoaks. (Foto: Mafindo)

MerahPutih.com - Akun Twitter @rachelhalinasor (RachelR ozen SOR) mengunggah tangkapan layar foto Lionel Messi memegang bendera Israel.

Dari tangkapan layar tersebut juga terlihat bahwa Messi mengunggah foto itu di akun Instagram pribadinya. Cuitan dan foto yang diunggah pada 26 Oktober tersebut disukai oleh 410 orang, dikutip dan dibagikan ulang lebih dari 100 kali, serta telah dilihat hampir 7,000 kali.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Barack Obama Gabung Timses Ganjar-Mahfud

FAKTA

Setelah dilakukan penelusuran, foto tersebut merupakan hasil editan. Pada akun Facebook Icons.com, terlihat Lionel Messi memegang sebuah papan bertuliskan “Icons.com: Signed by the world’s best”. Foto tersebut diunggah pada 3 Oktober, yang digunakan untuk mempromosikan merchandise Icons.com yang ditandatangani oleh Lionel Messi secara langsung.

Selain itu, informasi serupa pernah dibahas oleh USA Today dengan judul “Image of Lionel Messi holding Israeli flag amid Israel-Hamas war is altered”.

Baca Juga:

Bawaslu Imbau Masyarakat Waspada Hoaks saat Masa Kampanye

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh @rachelhalinasor (RachelR ozen SOR) merupakan konten yang dimanipulasi.


KESIMPULAN

Konten yang dimanipulasi. Lionel Messi tidak pernah mengunggah foto dirinya memegang bendera Israel. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA] Hotman Paris Pimpin Seluruh Pengacara Dukung Anies di Pilpres 2024

##HOAKS/FAKTA
Bagikan
Bagikan