[HOAKS atau FAKTA]: Konsumsi Kopi Pahit Atasi Omicron

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Jumat, 28 Januari 2022
[HOAKS atau FAKTA]: Konsumsi Kopi Pahit Atasi Omicron
(Foto: Unsplash/Nathan Dumlao)

Merahputih.com - Akun Facebook bernama Fani Ira mengunggah postingan berupa narasi yang menyebutkan bahwa meminum 2-3 gelas air putih hangat dan setelah 5 menit kemudian minum 1 cangkir kopi panas tanpa gula dapat menyembuhkan varian COVID-19 Omicron.

Karena kopi diklaim mampu meningkatkan dorongan untuk buang air kecil, sehingga virus corona akan terbuang bersama air seni yang dikeluarkan.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Omicron Ternyata Tidak Mematikan

FAKTA

Berdasarkan penelusuran Mafindo, Ahli patologi klinis Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) Tonang Dwi Ardyanto mengatakan, klaim minum kopi pahit dapat mengatasi varian Omicron adalah tidak benar.

“Berita tersebut adalah tidak benar. Justru berisiko tinggi. Terutama bila orangnya memang berespons kuat terhadap kopi,” kata Tonang saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (27/1).

Tonang menjelaskan, kopi memang mengandung kafein dan bersifat diuretik sehingga mendorong lebih banyak produksi urin. Seberapa derajatnya, tergantung respons masing-masing orang terhadap kopi.

Akun Facebook bernama Fani Ira mengunggah postingan berupa narasi yang menyebutkan bahwa meminum 2-3 gelas air putih hangat dan setelah 5 menit kemudian minum 1 cangkir kopi panas tanpa gula dapat menyembuhkan varian COVID-19 Omicron (Mafindo)

Namun, bagi mereka yang memiliki respons kuat bahkan cenderung berlebih terhadap kopi, maka respons diuretiknya juga bisa berat.

“Dapat terjadi dehidrasi bahkan bila makin berat, dapat memicu kerusakan ke ginjal dan saluran kemih,” kata Tonang.

Selain itu, Tonang juga menyebutkan bahwa cara membersihkan virus corona melalui saluran kemih juga bukan cara yang tepat. Ia mengatakan, virus penyebab COVID-19 itu berada di saluran napas, dan menyebar ke paru-paru. Tidak lewat saluran darah atau saluran kemih.

Menurutnya, sebagian kecil virus corona memang bisa sampai ke pembuluh darah atau saluran cerna, tetapi itu adalah proses lanjut dan cenderung sedikit sekali.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Edy Mulyadi Ditangkap Aparat

KESIMPULAN

Informasi menyesatkan. kopi memang mengandung kadar kafein tinggi dan bersifat diuretik yang mendorong lebih banyak produksi urin. Namun klaim minum kopi pahit dapat mengatasi varian Omicron adalah tidak benar. (Knu)

##HOAKS/FAKTA #Penyebar Hoaks
Bagikan
Bagikan