[HOAKS atau FAKTA]: Konsumsi Kelapa Muda Bakar Sembuhkan Penyakit Batu Ginjal

Mula AkmalMula Akmal - Senin, 16 Januari 2023
[HOAKS atau FAKTA]: Konsumsi Kelapa Muda Bakar Sembuhkan Penyakit Batu Ginjal
Tangkap layar konten hoaks. (Foto: Mafindo)

MerahPutih.com - Sebuah akun Facebook memposting gambar kelapa muda bakar disertai narasi yang mengklaim kelapa muda bakar dan rempah rempah dapat menghancurkan batu ginjal. Postingan tersebut juga mencantumkan cara mengolahnya.

NARASI

“Batu Ginjal? Hancurkan dengan kelapa muda bakar dan rempah-rempah. Ini rahasia pemulihan pasukan perang dari kerajaan Majapahit sampai keraton Jogja, Khususnya buat petani. Obat ini sepele tapi ampuh di bandingkan obat kimiawi dari dokter.
Campuran rempah-rempah: Cengkeh, Jahe bakar, Merica, Kulit kayu manis, Pala, 6 Gula merah aren asli.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Arca Mainkan Lato-Lato

Caranya :

• Rempah-rempah dihaluskan secukupnya sebesar kacang tanah.

• Bakar kelapa lalu masukkan rempah rempah yang sudah di haluskan.

• Setelah mendidih lalu masukkan gula aren sebesar 2 jari.

• Aduk rata.

FAKTA

Ternyata, informasi yang beredar itu adalah hoaks. Bantahan serupa pernah dimuat di judul “Cek Fakta: Muncul Lagi Informasi Palsu Kelapa Bakar Bisa Mengatasi Batu Ginjal” yang diunggah 14 Januari 2023, menurut Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof Dr Zullies Ikawati menyebut, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim tersebut.

Zullies juga menambahkan bahwa, gangguan ginjal, liver, dan asam urat masing-masing penyakit itu ada macamnya dan penyebabnya, tidak bisa dipukul rata.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: WhatsApp Kini Bisa Kirim Chat Tanpa Koneksi Internet

Dikutip dari Halodoc.com beberapa metode pengobatan batu ginjal adalah operasi batu ginjal, ureteroscopy, neprolithomy perkutan, dan Shock Wave Lithotripsy.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim kelapa muda bakar dapat menghancurkan batu ginjal adalah salah dan termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

KESIMPULAN

Informasi salah, tidak ada bukti ilmiah yang menyebutkan kelapa muda bakar dapat menyembuhkan gangguan ginjal, liver, dan asam urat. (Knu)

Baca Juga:

Postur APBN 2023: Pendapatan Rp 2.463,02 Triliun dan Belanja Rp 3.061,17 Triliun

##HOAKS/FAKTA
Bagikan
Bagikan