[HOAKS atau FAKTA]: Konsumsi Alkohol Hingga Telur Sebabkan Kebocoran Usus

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Sabtu, 12 Februari 2022
[HOAKS atau FAKTA]: Konsumsi Alkohol Hingga Telur Sebabkan Kebocoran Usus
(Foto: pixabay/free-photos)

Merahputih.com - Beredar sebuah postingan video yang diunggah oleh akun YouTube Bisikan.com pada 12 Agustus 2021. Dalam video berdurasi 04:14 menit tersebut, dr. Zaidul Akbar menyatakan bahwa mengonsumsi alkohol, produk berbasis susu dan beberapa jenis telur dapat menyebabkan usus mengalami kebocoran.

Baca juga:

Ponsel Pintar Bisa Pantau Kadar Alkohol yang Dikonsumsi Orang

NARASI

Bagi yang pernah mendengar istilah usus bocor, kondisi ini bukan berarti usus berlubang dan isinya keluar mencemari organ tubuh lainnya. Di dunia medis, usus bocor atau intestinal permeability merupakan kondisi saat penyerapan nutrisi dalam usus terganggu. Dalam kondisi normal, usus bertugas menyerap nutrisi dari makanan dan minuman yang kita konsumsi kemudian dibawa oleh darah ke seluruh tubuh. Namun dalam kondisi usus bocor, usus tak hanya menyerap gizi dari makanan dan minuman namun juga racun atau bakteri yang ada di dalamnya. Akibatnya, segala zat yang berbahaya itu turut tersebar ke seluruh tubuh lewat sistem peredaran darah. ada beberapa penyebab usus bocor.

FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran Mafindo, bahwa jika hanya mengonsumsi makanan saja tidak akan sampai menyebabkan usus mengalami kebocoran.

Dilansir dari Viva.co.id menurut Dokter Spesialis Gastroenterologi, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam menyatakan, kalau dari faktor makanan saja tidak akan sampai menyebabkan usus mengalami kebocoran.

“Kalau cuma makanan saja, okelah susu, kopi, cabai kalau memang cabainya cabai asli dari buah cabai, itu sebenernya tidak sampai bocor,” ujarnya.

Narasi produk berbasis susu dan beberapa jenis telur dapat menyebabkan usus mengalami kebocoran (Mafindo)

Prof. Ari juga mengungkapkan, kebocoran pada usus terjadi karena faktor kumulatif. Salah satunya karena konsumsi obat-obatan penghilang rasa nyeri atau sakit.

Untuk menjaga kesehatan usus dan mencegahnya dari kebocoran, Prof. Ari turut memberikan beberapa tips bahwa orang yang memiliki riwayat sakit maag berhubungan dengan faktor psikis harus melakukan pengendalian diri, menjaga makanan yang akan dikonsumsi seperti menghindari makanan yang asam dan pedas, serta tidak mengonsumsi obat sembarangan.

Baca juga:

Pangeran Harry Dulunya Pecandu Alkohol dan Obat-Obatan

KESIMPULAN

Dengan demikian klaim mengonsumsi makanan tertentu seperti telur hingga produk susu bisa menyebabkan masalah usus bocor tidak tepat dan masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan. (Knu)

##HOAKS/FAKTA
Bagikan
Bagikan