[Hoaks atau Fakta]: Ketum PBNU Anak Aktivis PKI

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 08 September 2021
[Hoaks atau Fakta]: Ketum PBNU Anak Aktivis PKI
Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siradj. (Foto: TVNU/ NU Online)

MerahPutih.com - Beredar sebuah kolase foto Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Said Aqil Siradj yang disandingkan dengan foto Achmad Dasuki Siradj.

Dalam narasinya, diklaim bahwa Said Aqil Siradj adalah anak dari Achmad Dasuki Siradj dari fraksi Partai Komunis Indonesia (PKI) dengan nomor anggota #215.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Yakult Ternyata Mampu Sembuhkan Kanker Paru-paru

NARASI

Eehhh... ternyata anak PKI. Pantas aja dia bikin islam Nusantara dan benci dengan aturan islam

FAKTA

Said Aqil Siradj lahir pada 03 Juli 1953, di Kempek, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, dari pasangan KH Aqil Siradj dan Nyai Hj Aflfah binti Kyai Harun.

Aqil Siradj merupakan pengasuh Pondok Pesantren Kempek yang menjadi salah satu pesantren penting di Cirebon. Kyai Aqil merupakan menantu dari Kyai Harun bin Abdul Jalil, yang menjadi benteng dari Pesantren Kempek.

Ayahhanda Kyai Aqil mewarisi darah ulama, dari pesantren Gedongan, Cirebon. la merupakan putra dari Kyai Siradj, yang masih keturunan dari Kyai Muhammad Said Gedongan, Cirebon.

Kyai Muhammad Said, merupakan ulama yang menyebarkan Islam dengan mengajar santri di pesantren, dan turut berjuang melawan penjajah Belanda.

Tangkapan layar hoaks.
Tangkapan layar hoaks.

Kyai Muhammad Said Gedongan wafat pada tahun 1931. Gedongan terletak di Desa Ender, Kecamatan Pangenan, di kawasan Timur Cirebon, Jawa Barat. Sementara Achmad Dasuki Siradj adalah tokoh PKI yang Iahir pada 23 Mei 1903 di Surakarta, Jawa Tengah.

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, informasi tentang Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul 'Ulama, Said Aqil Siradj adalah anak dari Anggota PKI, Achmad Dasuki Siradj adalah tidak benar. (Asp)

Baca Juga:

[Hoaks atau Fakta]: Anies Sebut Solusi Banjir Jakarta Tunggu Musim Kemarau

#PBNU ##HOAKS/FAKTA # NU
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan