[HOAKS atau FAKTA] The Simpson Sudah Ramalkan Kerusuhan di Amerika Serikat

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 03 Juni 2020
[HOAKS atau FAKTA] The Simpson Sudah Ramalkan Kerusuhan di Amerika Serikat
Ilustrasi hoaks. Foto: Net

MerahPutih.com - Akun Facebook Adeuqel S Reilloc mengunggah postingan yang menyebut film kartun The Simpson meramalkan bakal terjadi kerusuhan yang berlangsung seperti saat ini di Amerika Serikat.

Ia mengunggah gambar dengan narasi sebagai berikut

“-another Simpson prediction that became a reality!! #TheyKnew” atau yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia: “-prediksi Simpson lain yang menjadi kenyataan!! #MerekaTahu”

Gambar yang diunggah adalah gabungan dua gambar, gambar atas adalah potongan dari film kartun The Simpson yang menampilkan pos polisi Springfield yang sedang terbakar, dan gambar bawah adalah gambar bangunan yang sedang terbakar.

Cek Fakta:

Berdasarkan hasil penelusuran Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), klaim bahwa prediksi lain dari film kartun The Simpson kembali terbukti dengan menghubungkan potongan adegan pos polisi Springfield terbakar di film The Simpson dengan terbakarnya sebuah gedung di Minneapolis adalah klaim yang salah.

Gedung di yang terbakar di foto itu bukanlah kantor polisi, melainkan kompleks perumahan yang sedang dibangun di Minneapolis Selatan

Foto yang identik dengan gambar yang diunggah oleh sumber klaim dimuat di situs startribune.com dalam artikel berjudul “Minneapolis vandalism targets include 189-unit affordable housing development” pada 28 Mei 2020.

Foto dan video saat-saat terbakarnya gedung tersebut di rangkum dalam artikel berjudul “Minneapolis BLM Riot: $30M Affordable Housing Complex Under Construction Burned to The Ground” yang dimuat di situs informationliberation.com pada 28 Mei 2020.

The Simpson
Foto: Mafindo

Pada hari Rabu malam (27 Mei 2020), lantai atas gedung yang dibingkai kayu itu sepenuhnya dilalap api, dengan gumpalan asap tebal yang menonjol dalam foto-foto kerusuhan yang banyak dilihat.

Konstruksi dimulai musim gugur yang lalu di Midtown Corner, yang diharapkan akan selesai dan siap untuk dihuni tahun ini. Proyek pembangunan kembali berada di lokasi bekas toko kelontong Rainbow Foods di Lake Street dan Hiawatha Avenue di Minneapolis selatan. Pengembang, Wellington Management yang berbasis di Twin Cities, menolak memberikan komentar tentang nasib proyek tersebut

Kesimpulan:

Bukan kantor polisi. Bangunan yang terbakar di foto itu adalah kompleks perumahan yang sedang dibangun di Minneapolis selatan. Berita ini tergolong hoaks. (Knu)

##HOAKS/FAKTA #The Simpsons
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan