[HOAKS atau FAKTA]: Kapolresta Tangerang Minta Uang Lewat Pesan Singkat

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 22 November 2021
[HOAKS atau FAKTA]: Kapolresta Tangerang Minta Uang Lewat Pesan Singkat
Kapolresta Tangerang, Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro memeriksa tas anggota Satlantas dalam kegiatan sidak untuk mengantisipasi pungli di Tangerang. (Foto: Antara/Azmi)

MerahPutih.com - Beredar pesan teks di WhatsApp mengatasnamakan Kapolresta Tangerang Kombes Wahyu Sri Bintoro.

Foto profil yang digunakan dalam akun WhatsApp menampilkan sosok Kombes Wahyu Sri Bintoro. Akun ini meminta uang sebesar Rp 25 juta dan meminta pak Thomas untuk mengirimkannya dengan segera karena darurat. Selain itu diberikan pula nomor rekening atas nama Endah Listwati.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Air Dingin Efektif Turunkan Berat Badan

SUMBER: Pesan teks dari Whatsapp

https://archive.vn/88m75

Bukti Narasi:

penipuan kapolres tangerang
Sumber Foto: Kominfo

FAKTA

Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut oleh tim Mafindo, pesan teks mengatasnamakan Kombes Wahyu Sri Bintoro adalah akun palsu.

Kombes Wahyu Sri Bintoro saat dikonfirmasi mengatakan akun WhatsApp yang meminta uang Rp 25 juta bukanlah dirinya, dan sudah termasuk penipuan.

"Iya benar penipuan itu mengatasnamakan saya untuk meminta bantuan uang ke korbannya," ujar Kapolresta Tangerang Kombes Wahyu Sri Bintoro, Kamis, 11 November 2021.

Lebih lanjut, pihak kepolisian akan melakukan tindak lanjut terhadap penipuan yang meresahkan warga. Saat ini, pelaku masih dalam tahap pelacakan dan belum diketahui identitas lebih jelasnya.

"Pelaku terlacak di Sulawesi Selatan (Sulsel), tapi dia pakai BCA Bandung. Tetap kita upaya penyelidikan koordinasi dengan teman-teman di Sulsel. Pelaku sudah terlacak ke Sulsel ya," jelas Wahyu.

Wahyu mengimbau masyarakat Tangerang agar waspada terhadap modus penipuan mengatasnamakan Kapolres dan unsur Muspida lainnya.

KESIMPULAN

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa pesan teks mengatasnamakan Kombes Wahyu Sri Bintoro meminta uang Rp 25 juta adalah hoaks dan termasuk kategori konten tiruan. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Tak Mau Kalah dengan Jokowi, Anies Test Drive di Sirkuit Monas

##HOAKS/FAKTA #Fakta #Mafindo
Bagikan
Bagikan