[HOAKS atau FAKTA]: Kali Krukut Jadi Bersih saat Heru Budi Jadi Pj Gubernur DKI

Mula AkmalMula Akmal - Senin, 31 Oktober 2022
[HOAKS atau FAKTA]: Kali Krukut Jadi Bersih saat Heru Budi Jadi Pj Gubernur DKI
Tangkap layar konten hoaks. (Foto: Mafindo)

MerahPutih.com - Di media sosial beredar adanya narasi yang menyebut Kali Krukut di Jakarta kini jadi bersih setelah Heru Budi Hartono menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Bahkan, disebutkan suasana bau dan keruh kini sudah tak lagi terjadi kali tersebut.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Barack Obama Resmikan Foto Anies Baswedan

NARASI

“Kali Krukut yg selama 5 tahun hitam, keruh & bau menyengat, sekarang sudah kembali bersih & rapi oleh Pak Gubernur Heru. Video ini dibuat tgl 20 Okt 2022.”

FAKTA

Dari penelusuran Mafindo, informasi tersebut dipastikan hoaks. Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk konten yang menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu.

Sumber membagikan video dengan menambahkan narasi yang menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN. Kegiatan pengerukan yang dibagikan di video berlangsung sebelum Plt Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mulai bertugas.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Holywings Dibuka di Arab Saudi

Heru dilantik pada 17 Oktober 2022, sementara video yang dibagikan merekam kegiatan yang berlangsung pada 9 September – 15 Desember 2021.

KESIMPULAN

Informasi tersebut dipastikan menyesatkan. Kegiatan pembersiham kali yang dibagikan di video berlangsung sebelum Plt Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mulai bertugas. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: DPR Gelar Sidang Tertutup Bahas Ijazah Jokowi

##HOAKS/FAKTA #Heru Budi Hartono #Plt Gubernur DKi #Gubernur DKI Jakarta
Bagikan
Bagikan