[HOAKS atau FAKTA] Kaesang Pengarep Akui Mampu Tangani Corona Asal Jadi Gubernur DKI

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 12 Juni 2020
[HOAKS atau FAKTA] Kaesang Pengarep Akui Mampu Tangani Corona Asal Jadi Gubernur DKI
Kaesang Pangarep. (Foto: twitter @kaesangp)

MerahPutih.com - Akun Facebook Andrian membagikan sebuah artikel berjudul "Kaesang Pangarep Dikabarkan Mampu Tangani Corona Jika Maju Jadi Gubernur DKI Jakarta"

Narasi

"Keasang pengarep(pengharap) menyebutkan dirinya mampu menangani virus Corona di Jakarta asal menjadi Gubernur DKI...Virus Corona hanya isu pemerintah..Sama seperti Jokowi bpk nya dulu seperti itu cara nya..Jokowi hanya menjual diri popularitas tak lebih dari seorang penyanyi..artinya Jokowi bukanlah seorang yang pintar mengelola perekonomian negara ..."

Cek fakta

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa Kaesang Pangarep menyebutkan dirinya mampu menangani virus Corona di Jakarta asal menjadi gubernur DKI adalah klaim yang salah.

Tidak ada pernyataan dari Kaesang Pangarep yang meyatakan dia mampu menangani virus Corona COVID-19. Artikel yang dibagikan oleh sumber klaim sendiri merupakan artikel periksa fakta yang membantah klaim tersebut. Melalui kanal Youtube, Kaesang sendiri juga sudah membantah klaim itu.

Pada tanggal 25 Mei 2020, Hoax Crisis Center Jawa Barat (@hccjawabarat) membuat artikel periksa fakta yang menyatakan bahwa tidak ada pernyataan Kaesang yang mengatakan jika wabah COVID-19 di Jakarta akan mudah diatasi jika dirinya menjadi Gubernur berdasarkan pencarian dari beberapa media daring.

“Tidak ada pemberitaan atau pernyataan resmi dari Kaesang yang meyatakan demikian,” tulis Medcom.id dalam laporan yang dimuat pada Rabu 27 Mei 2020.

Kasedang
Foto: Mafindo

Artikel berjudul “Kaesang Pangarep Dikabarkan Mampu Tangani Corona Jika Maju Jadi Gubernur DKI Jakarta, Simak Faktanya” yang dimuat di situs republika.ikhtisar.net pada 9 Juni 2020 ini sendiri sebenarnya adalah artikel periksa fakta yang dikutip dari artikel berjudul “Kaesang Pangarep Dikabarkan Mampu Tangani Corona Jika Maju Jadi Gubernur DKI Jakarta, Simak Faktanya” yang dimuat di situs depok.pikiran-rakyat.com pada 26 Mei 2020.

Dalam artikel tersebut, dituliskan hasil periksa fakta sebagai berikut:

“Namun faktanya Kaesang Pangarep tidak pernah mengunggah narasi yang menyatakan dirinya akan menanggulangi penyebaran virus corona di Jakarta jika ia maju menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Foto yang digunakan dalam unggahan Facebook merupakan hasil suntingan yang diambil dari laman Instagram Kaesang Pangarep.

Foto tersebut menampilkan kegiatan Kaesang Pangarep yang juga bekerja dari rumah selama pandemi. Kaesang saat itu mengenakan kemeja berwarna putih polos, celana pendek merah, dan sandal berwarna merah dan biru.

Atas kemeja, bawahan celana pendek, dan pakai sandal. Outift of the Day (OOTD) ngantor zaman now,” tutur Kaesang Pangarep dalam unggahan di Instagram pribadinya pada 24 April 2020.
Dalam ungggahan tersebut Kaesang Pangarep sama sekali tidak meyinggung bahasan tentang Pilkada dan rencananya dalam memimpin DKI Jakarta.

Setelah ditelusuri lebih lanjut juga tidak ditemukan informasi yang menyebut Kaesang Pangarep menyatakan dirinya bisa dengan mudah mengendalikan virus corona jika maju menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Sementara pada saat yang sama, Kaesang Pangarep disoroti beberapa pihak karena gayanya yang nyentrik dan disebut-sebut mewakili gaya anak muda melalui aktivitas kesehariannya.

Maka dari itu foto dengan klaim yang menyatakan majunya Kaesang Pangarep menjadi gubernur DKI Jakarta untuk dapat menangani pandemi menjelang Pilkada tersebut tidak benar.

Pada tanggal 1 Juni 2020, Kaesang Pangarep sendiri juga sudah membantah klaim tersebut melalui kanal Youtubenya.

Kesimpulan

Tidak ada pernyataan dari Kaesang Pangarep yang menyatakan dia mampu menangani virus Corona COVID-19. Dengan demikian, kabar tersebut dipastikan hoaks. (Knu)

##HOAKS/FAKTA #Kaesang Pangarep
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan