[HOAKS atau FAKTA]: Jokowi Perintahkan Prabowo Basmi Kadrun Tangkapan layar berita percakapan Jokowi dengan Prabowo tentang penangkapan kadrun. (Foto: MP/turnbackhoax.id)

MerahPutih.com - Akun Mas Kaji Bambang (fb.com/maskaji.bambang.77) mengunggah sebuah gambar yang memuat narasi yang seolah adalah percakapan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memberikan tugas pertama ke pada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto

Berikut isi percakapan tersebut:

Prabowo: “TUGAS SAYA APA PAK?”

Jokowi: “TUGAS PERTAMAMU, BUBARKAN FPI DAN BASMI KADAL GURUN”

Prabowo: “SIAP,”


Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Nasi Padang Sumber Penularan COVID-19


FAKTA:

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta Medcom, klaim bahwa tugas pertama Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah membubarkan FPI dan membasmi "kadal gurun" (kadrun) adalah klaim yang salah.

Faktanya, tidak ada informasi valid mengenai klaim tersebut. Foto asli pada Oktober 2017. Saat itu, Prabowo belum menjadi menteri. Sementara perintah pertama Presiden Jokowi ke Prabowo setelah menjadi Menhan adalah “Jangan Korupsi!”

Foto tersebut diabadikan pada momen pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 di Istana Negara, Jakarta, Senin 16 Oktober 2017. Pada momen itu, di dekat Jokowi dan Prabowo, juga ada Ibu Negara, Iriana Jokowi, Wakil Presiden saat itu, Jusuf Kalla (JK), serta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Tangkapan layar berita percakapan Jokowi dengan Prabowo tentang penangkapan kadrun. (Foto: MP/turnbackhoax.id)
Tangkapan layar berita percakapan Jokowi dengan Prabowo tentang penangkapan kadrun. (Foto: MP/turnbackhoax.id)

Sementara itu, Presiden Jokowi melantik Prabowo sebagai Menteri Pertahanan pada Rabu 23 Oktober 2019. Jokowi meminta Prabowo untuk berhati-hati dengan anggaran negara. Prabowo kemudian menceritakan perintah yang diminta Jokowi kepadanya. Itu adalah permintaan Presiden yang akan dia laksanakan.

“Jadi sidang pertama yang dipimpin Pak Jokowi, saya senang karena dapat petunjuk pertama. Petunjuk pertama saya jangan korupsi,” jelasnya.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Helikopter Buang Jenazah Korban COVID-19 di Laut Meksiko


KESIMPULAN:

Tidak ada informasi valid mengenai klaim tersebut. Foto asli pada Oktober 2017. Saat itu, Prabowo belum menjadi menteri. Sementara perintah pertama Presiden Jokowi ke Prabowo setelah menjadi Menhan adalah “Jangan Korupsi!”

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Jokowi Ajari Ma'ruf Amin Tipu Rakyat



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH