[HOAKS atau FAKTA] Jokowi Pakai Baju Baru untuk Lebaran di Solo

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 17 Mei 2021
[HOAKS atau FAKTA] Jokowi Pakai Baju Baru untuk Lebaran di Solo
Presiden Joko Widodo. ANTARA/HO-Biro Pres Setpres/aa.

MerahPutih.com - Akun Facebook Johan Febian pada 12 Mei 2021 mengunggah foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tampak mengenakan celana jeans dan baju kemeja dengan kancing yang terbuka dengan narasi sebagai berikut:

“Baju baru broo….mau lebaran di solo….”

Baca Juga

[HOAKS atau FAKTA]: KPK Meminta Sumbangan Wakaf Lailatul Qadar

Cek fakta:

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta Medcom, adanya foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengenakan celana jeans dan baju kemeja merupakan baju baru untuk lebaran di Solo merupakan konten yang dimanipulasi.

Faktanya, foto itu merupakan foto hasil suntingan atau editan. Presiden Jokowi di foto asli sebenarnya memakai pakaian militer ketika menunggu Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah ketika berkunjung di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Kamis, 3 Mei 2018.

Foto: Mafindo

Dilansir dari Medcom, foto tersebut pertama kali diunggah pemilik akun Instagram Indra Hakim (instagram.com/indra.hakim) pada 23 Mei 2020. Foto diunggah sebagai ucapan Lebaran Idulfitri 2020.

“Ketika tangan tak mampu berjabat. Selamat hari raya Idul Fitri 1441 H Mohon maaf lahir dan batin. *foto hanya illustrasi, mohon maaf lahir batin ya pak presiden @jokowi. Maaf bila saya sering membuat foto tanpa harus mengambil foto terlebih dahulu menggunakan kamera.” Tulis Indra Hakim di unggahannya itu.

Dilansir Liputan6.com, sosok Indra Hakim memang dikenal sebagai foto editor, khususnya para pengguna jejaring sosial.

Pria yang akrab disapa Bolong ini telah dikenal berkat hasil karya editan foto yang menunjukkan para selebritas terkenal. Karya-karya tersebut bahkan telah berseliweran di Instagram.

Sementara itu, foto asli Presiden Jokowi yang mengenakan pakaian militer, salah satunya diunggah oleh situs Antara Foto di artikel berjudul “HASSANAL BOLKIAH KUNJUNGI MABES TNI” yang terbit pada 3 Mei 2018.

Berikut narasi yang terdapat apda unggah terbut: “Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian militer ketika menunggu Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah ketika berkunjung di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Kamis (3/5).

Kunjungan tersebut untuk melihat secara langsung peralatan tempur buatan dalam Indonesia karena Brunei tertarik untuk membeli kendaraan tempur dan persenjataan serta menyaksikan keterampilan prajurit TNI. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/aww/18.”

Foto: Mafindo

Kesimpulan:

Dengan demikian, foto tersebut merupakan konten yang dimanipulasi. (Knu)

Baca Juga

Jokowi tak Lupa Ucapkan Selamat kepada Umat Kristiani di Hari Lebaran Pertama

##HOAKS/FAKTA #Penyebar Hoaks #Presiden Jokowi #Jokowi
Bagikan
Bagikan