[HOAKS atau FAKTA]: Jokowi Mundur Dari PDIP, Megawati Marah Besar

Mula AkmalMula Akmal - Rabu, 29 November 2023
[HOAKS atau FAKTA]: Jokowi Mundur Dari PDIP, Megawati Marah Besar
Tangkap layar konten hoaks. (Foto: Mafindo)

MerahPutih.com - Sebuah akun Youtube dengan nama pengguna “Kabar News” mengunggah video dengan klaim bahwa Jokowi telah resmi mundur dari Partai PDIP.

FAKTA

Faktanya tidak ada bukti kredibel atau pernyataan resmi mengenai hal tersebut. Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi valid terkait klaim dalam narasi.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Menelan Pasta Gigi Bisa Turunkan IQ

Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu. Dalam video tersebut membahas hubungan antara PDIP dan Jokowi yang disebut makin memanas.

Ternyata narator hanya membacakan narasi milik disway.id yang berjudul “Hubungan PDIP dan Jokowi Makin Memanas, Jokowi: Ada yang Ingin Menampar Muka Saya”.

Baca Juga:

Waspada, Konten Hoaks Pemilu 2024 Bertebaran saat Kampanye

KESIMPULAN

Dalam artikel asli tersebut membahas surat perintah untuk pemenangan paslon Ganjar dan Mahfud serta isu tiga periode kembali disebut oleh dua kader dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Setelah ditelusuri lebih lanjut tidak ditemukan bukti terkait mundurnya Jokowi dari Partai PDIP. Sehingga dapat disimpulkan video unggahan di atas adalah konten yang dimanipulasi. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Saat Acara Pengajian, Timses Prabowo Malah Doakan Anies

##HOAKS/FAKTA
Bagikan
Bagikan