[HOAKS atau FAKTA]: Jokowi dan Ahok Masuk Daftar 5 Besar Pemimpin Terbaik Dunia

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 27 November 2020
[HOAKS atau FAKTA]: Jokowi dan Ahok Masuk Daftar 5 Besar Pemimpin Terbaik Dunia
Tangkapan layar Facebook soal Jokowi dan Ahok masuk datar 5 besar pemimpin terbaik dunia. (Foto: MP/turnbackhoax.id)

MerahPutih.com - Akun Facebook bernama Batlayeri Aliyaman mengunggah gambar yang menyatakan Presiden Jokowi dan Ahok masuk daftar 5 besar pemimpin terbaik yang ditakuti dunia.

Postingan tersebut mendapatkan likes sebanyak 268, 31 komentar dan dibagikan 5 kali.

NARASI:

(tulisan dalam gambar)

AHOK- JOKOWI

masuk daftar 5 besar

“Pemimpin Terbaik”

yang di TAKUTI

DUNIA


Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Air Rebusan Bawang Putih Bisa Sembuhkan COVID-19

FAKTA:

Setelah dilakukan penelusuran, tidak ada sumber yang menyatakan Jokowi dan Ahok masuk daftar 5 besar pemimpin yang ditakuti dunia. Presiden Jokowi pernah menyabet penghargaan kepemimpinannya yakni “Asian of The Year” pada tahun 2019 oleh media Singapura The Straits Times.

Jokowi dinobatkan sebagai Asian of The Year 2019 karena dinilai memiliki ketangkasan dalam menghadapi dan memimpin rumitnya persoalan baik yang terjadi di dalam maupun di luar negeri.

Selain itu, Jokowi juga masuk daftar 50 besar tokoh muslim yang berpengaruh dan penghargaan sebagai insinyur oleh ASEAN Federation of Engineering Organization (AFEO) karena berhasil menggenjot pembangunan infrastruktur selama menjadi Presiden RI.

Tangkapan layar Facebook soal Jokowi dan Ahok masuk datar 5 besar pemimpin terbaik dunia. (Foto: MP/turnbackhoax.id)

Sederet prestasi lainnya berhasil didapatkan Jokowi namun penghargaan tersebut berasal dari dalam negeri seperti Tokoh Publik Pilihan 2012, Special Award Marketer 2012, dan Rekor Muri 2012 dalam Pagelaran Kirab Budaya Rakyat Indonesia saat Jokowi menjabat Gubernur DKI Jakarta.

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok juga tidak pernah masuk daftar 5 besar pemimpin terbaik yang ditakuti di dunia. Prestasi kepemimpinan yang pernah didapatkan Ahok di antaranya adalah Roosseno Award IX tahun 2019 sebagai tokoh panutan berintegritas dan memiliki gebrakan besar.

Kemudian penghargaan internasional yakni masuk daftar “100 Global Thinkers” 2017 versi majalah Foreign Policy dari Amerika Serikat sebagai pemimpin yang melakukan dobrakan di tengah fundamentalisme yang sedang berkembang saat itu.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Indonesia Dilanda Gelombang Panas

KESIMPULAN:

Dari sederet penghargaan dalam negeri maupun luar negeri yang diraih Jokowi dan Ahok tidak ada penghargaan yang mereka sabet sebagai pemimpin terbaik dengan kategori ditakuti dunia internasional.

Sehingga klaim dalam postingan tersebut adalah hoaks dan termasuk kategori Konten yang Menyesatkan. (Asp)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Swab Test COVID-19 Sebabkan Kerusakan Jaringan Otak

##HOAKS/FAKTA #Basuki Tjahaja Purnama #Presiden Jokowi
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan