[HOAKS atau FAKTA]: Jokowi Coret Israel dari Piala Dunia U-20

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 12 April 2023
[HOAKS atau FAKTA]: Jokowi Coret Israel dari Piala Dunia U-20
Tangkapan layar soal hoaks Jokowi coret Israel dari Piala Dunia U-20. (Foto: Turnbackhoax.id)

MerahPutih.com - Beredar video dari channel YouTube KAPTEN dengan klaim narasi yang menyatakan bahwa Presiden Jokowi telah berhasil mencoret Israel dari keikutsertaannya di Piala Dunia U-20 tahun 2023.

SUMBER:

https://archive.cob.web.id/archive/1680794317.349661/singlefile.html (Youtube)

NARASI:

MENANG TELAK !! JOKOWI BERHASIL CORET ISRAEL DARI

PIALA DUNIA

JOKOWI MENANG

ISRAEL RESMI DICORET DARI
PIALA DUNIA.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Sakit Mata Bisa Disembuhkan Dengan Kompres Air Es

FAKTA:

Setelah dilakukan penelusuran, terdapat beberapa cuplikan video identik seperti yang ditampilkan pada video klaim tersebut. Salah satu cuplikan video identik dengan video unggahan channel YouTube resmi KOMPASTV berjudul “Dengar Curhatan Timnas U-20, Ini Respons Presiden Jokowi!” yang tayang pada 2 April 2023.

Dalam video tersebut menampilkan kunjungan Presiden Jokowi ke Stadion Gelora Bung Karno bersama Erick Thohir dan Jendral Listyo Sigit Prabowo untuk melihat Timnas berlatih setelah FIFA membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20

Selain itu, terdapat cuplikan video yang identik dengan unggahan channel YouTube KOMPASTV berjudul “Jokowi Geram Alat Kesehatan, CCTV hingga Sepatu Tentara Masih Impor” yang diunggah pada 25 Mret 2022.

Video tersebut berisi pidato Jokowi yang menyampaikan imbauan kepada sejumlah menteri karena kebiasaan membeli barang impor.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel bolatimes.com berjudul “AFC Ikut Kutuk Israel, Imbas FIFA Cabut Status Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023?” yang diunggah pada 2 April 2023 serta artikel dari riauredaksi.com berjudul “Bila Jadi Presiden Prabowo Bertekad Bawa Timnas Sepakbola Masuk Piala Dunia” yang diunggah pada 9 Maret 2019.

Selain itu, Indonesia pun dipastikan tak menggelar Piala Dunia U-20 hingga Jokowi tak punya kewenangan melarang negara lain ikut dalam event tersebut.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: 80 Persen Lansia Meninggal karena Vaksinasi COVID-19

KESIMPULAN:

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim bahwa Jokowi berhasil coret Israel dari Piala Dunia tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Mahfud MD Umumkan Nama Anggota DPR RI yang Terlibat Korupsi

##HOAKS/FAKTA
Bagikan
Bagikan