[HOAKS atau FAKTA]: Jokowi Bersama Prabowo Bahas Rakyat Tenggelam Tangkapan layar Facebook yang menyatakan Jokowi dan Prabowo membahas rakyat yang tenggelam. (Foto: MP/turnbackhoax.id)

MerahPutih.com - Akun Facebook Amirul Mu’minin mengunggah gambar yang memperlihatkan Presiden Jokowi tengah berbincang dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Dalam unggahan Amirul itu menyatakan bahwa keduanya tengah ngobrol membicarakan warga yang "tenggelam".

Narasi:

“Jokowi bersama Pak “Timbul” sedang ngomongin rakyat yg sedang “Tenggelam”.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Depresi Ditinggal Nikah, Seorang Pria Buang Rp300 Juta di Jalan

Fakta:

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim gambar tersebut salah. Gambar yang diunggah oleh akun Amirul Mu’minin pada (10/7) lalu itu merupakan hasil tangkapan layar dari akun Instagram milik Prabowo Subianto dengan diberi keterangan:

Pada hari ini saya meninjau kawasan food estate bersama Presiden Republik Indonesia @jokowi di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. Bersama dengan Kementerian lainnya Kementerian Pertahanan akan terus bersinergi dalam upaya untuk mewujudkan program cadangan ketahanan pangan.” Diunggah pada Senin (6/7) lalu.

Tangkapan layar Facebook yang menyatakan Jokowi dan Prabowo membahas rakyat yang tenggelam. (Foto: MP/turnbackhoax.id)
Tangkapan layar Facebook yang menyatakan Jokowi dan Prabowo membahas rakyat yang tenggelam. (Foto: MP/turnbackhoax.id)

Sebelumnya, Jokowi menunjuk Prabowo sebagai leading sector food estate atau lumbung pangan di Kalimantan Tengah. Bukan tanpa alasan Jokowi secara langsung menunjuk Prabowo untuk mengurusi cadangan strategi pangan.

Pembuatan food estate disampaikan Jokowi sebagai upaya dari tindak lanjut peringatan organisasi pangan dunia (FAO). Di mana FAO memprediksi akan terjadi krisis pangan. Nantinya dalam menjalankan tugasnya Prabowo akan didukung Menteri Pertanian dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Tabung Gas Elpiji Ada Masa Kedarluwarsa

Kesimpulan:

Dari penjelasan tersebut, maka postingan Jokowi bersama Prabowo tengah berbicara mengenai warga yang "tenggelam" merupakan konten yang salah, karena konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah. (Asp)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Penampakan Misterius Berbaju Putih Berada di Lokasi Kebakaran Kejagung

Kredit : asropihs


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH