[Hoaks atau Fakta] Jokowi Bagi-Bagi Bantuan COVID-19 dengan Cara Dilempar Presiden Jokowi. (ANT)

MerahPutih.com - Bantuan sosial yang diberikan pemerintah untuk masyarakat yang terdampak Covid-19 terus jadi perbincangan. Mulai dari tas pembungkus bantuannya hingga cara Presiden Joko Widodo memberikan bantuan. Bahkan, yang tak ada kaitannya dengan Covid-19 ikut disebar untuk menyudutkan presiden.

Hal itu juga yang dilakukan akun Facebook Ghulaman Zakiya. Pada Rabu (30/4). Ghulaman mengunggah sebuah gambar Presiden melemparkan bingkisan dari mobilnya. “Berikut adalah cara berbagi yang aman dari covid19 dengan tetap jaga jarak. Boleh ditiru guys,” tulis Ghulaman Zakiya.

Baca Juga:

Video Warga Serbu Istana Bogor demi Sembako, Ini Klarifikasi Istana

tangkapan layar
Tangkapan layar status Facebook.

Hingga tulisan ini diturunkan, unggahan Ghulaman Zakiya itu mendapatkan banyak respon dari netizen. Konten itu telah dikomentari 134 kali dan disebarkan ulang 146 kali. Sebenarnya bagaimana faktanya?

Cek Fakta

Dari pengecekan padanan gambar yang dilakukan tim Merahputih.com, ternyata gambar Joko Widodo itu tak ada kaitannya dengan COVID-19. Gambar yang diunggah akun Ghulaman Zakiya itu berasal dari screenshot video yang beredar sejak 2017 silam.

Video itu salah satunya pernah diunggah oleh channel YouTube Media RMOL TV. Dalam video itu ternyata Jokowi sedang melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara (24/3/2017). Dalam video itu Jokowi memang membangikan bingkisan dengan cara dilempar dari kaca mobil SUV.

Ketika masa pandemi ini, Jokowi memang sempat membagikan bingkisan langsung di jalanan. Kejadian itu berlangsung di Jakarta. Dalam pembagian itu Jokowi tidak melemparkan bingkisannya namun diberikan lewat Paspampres.

Kesimpulan


Akun Ghulaman Zakiya sengaja melakukan disinformasi dari foto lama Jokowi yang tak ada kaitannya dengan Covid-19. (Sut)

Baca Juga:

Kerap Bagi-bagi Sembako hingga Munculkan Kerumunan, Jokowi Langgar PSBB?



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH