[HOAKS atau FAKTA]: Jokowi Ajari Ma'ruf Amin Tipu Rakyat Wakil Presiden Ma'ruf Amin. ANTARA/Fransiska Ninditya

Merahputih.com - Akun Facebook Secretman atau @gilae.gilae.980 mengunggah scrennshot atau tangkapan layar bergambar wajah Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf Amin.

Dalam tangkapan layar tersebut terdapat tulisan yang berbunyi sebagai berikut:

KALO URUSAN NIPU RAKYAT JOKOWI AHLINYA SAYA JUGA DIAJARINYA SEKARANG SUDAH LANCAR

FAKTA

Tim Masyarakat Anti Fitnah Indonesia menyataka bahwa unggahan akun Facebook Secretman adalah salah atau keliru. Diketahui foto Wapres Ma’ruf tersebut adalah karya dari Jurnalis CNN Indonesia, Christie Stefanie.

Foto karya Christie ini dimuat dalam artikel cnnindonesia.com dengan judul “Ketua MUI Tak Setuju Penghayat Kepercayaan Tercantum di KTP”. Dalam artikel ini pun tak ditemukan kalimat seperti yang terdapat dalam tangkpan layar yang diklaim akun Facebook Secretman.

Hoaks ma'ruf amin diajari menipu rakyat (turnbackhoax)

Selain itu, ketika diketikan narasi yang terdapat dalam tangkapan layar pada mesin pencari, faktanya tidak ditemukan pemberitaannya dari media daring.

KESIMPULAN

Unggahan tangkapan layar dengan foto Wapres, Ma’ruf Amin dan narasi yang berbunyi “KALO URUSAN NIPU RAKYAT JOKOWI AHLINYA SAYA JUGA DIAJARINYA SEKARANG SUDAH LANCAR” adalah tidak benar

Aslinya foto Wapres Ma’ruf dalam tangkapan layar adalah karya Jurnalis CNN Indonesia, Christie Stefanie yang ditayangkan pada artikel berjudul “Ketua MUI Tak Setuju Penghayat Kepercayaan Tercantum di KTP”.

Dengan begitu, berdasarkan kategori Misinformasi dan Disinformasi dari First Draft, unggahan akun Facebook Secretman dapat disebut sebagai Misleading Content atau Konten yang Menyesatkan. (Knu)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH