[Hoaks atau Fakta]: Jaksa Agung Lulusan Undip dan UI

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 23 September 2021
[Hoaks atau Fakta]: Jaksa Agung Lulusan Undip dan UI
Jaksa Agung. (Foto: Kejagung)

MerahPutih.com - Dua informasi latar belakang pendidikan yang berbeda disandang Jaksa Agung ST Burhanuddin, beredar di publik lewat pesan elektronik.

Dalam salah satu informasi yang disebarkan menggunakan infografis dan mencatut nama Kejaksaan Agung, ST Burhanuddin, menyandang pendidikan formal Sarjana Hukum Undip Semarang, Magister Manajemen UI 2021 dan Dokter UI, Jakarta 2016.

Baca Juga:

Lalu, data satunya lagi, tercatat jika ia lulusan Sarjana Hukum Universitas 17 Agustus 1945 Semarang, lalu S2 Magister Manajemen dari Labora Jakarta, serta Dokter Universitas Setyagama, Jakarta.


FAKTA

Beredar data infografis tentang pendidikan formal Jaksa Agung yang merupakan lulusan Sarjana Hukum Undip dan lulusan S2 dan S3 UI, merupakan data yang salah.

"Apalagi selama ini tidak pernah dikonfirmasikan secara resmi kepada instansi Kejaksaan Republik Indonesia," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Leonard Eben Ezer kepada Merahputih.com di Jakarta, Kamis (23/9).

Eben menuturkan, berdasarkan dokumen dan data yang secara resmi tercatat di Biro Kepegawaian Kejaksaan Republik Indonesia, bahwa Bapak Jaksa Agung menjalani pendidikan di tiga universitas, yaitu:

Tangkapan layar  hoaks.
Tangkapan layar hoaks.

Strata I di Universitas 17 Agustus di Semarang; Strata II di Sekolah Tinggi Manajemen Labora di DKI Jakarta; Strata III di Universitas Satyagama di DKI Jakarta.

"Dokumen dan data pendidikan pada butir 2 di atas, adalah sama dengan yang dipergunakan pada acara pengukuhan sebagai Guru Besar Tidak Tetap dalam Bidang Ilmu Hukum Pidana di Universitas Jenderal Soedirman," jelas Eben.


KESIMPULAN

Dari hasil penelusuran merahputih.com dan konfirmasi ke Kejaksaan Agung, jika data infografis terkait riwayat hidup Jaksa Agung yang menuliskan lulusan Undip dan UI adalah hoaks. (Knu)

Baca Juga:

Marak Informasi Sensasi dan Hoaks, ASN Dituntut Jadi Corong Membumikan Pancasila

##HOAKS/FAKTA #Penyebar Hoaks #Jaksa Agung
Bagikan
Bagikan