[HOAKS atau FAKTA]: Indonesia Uji Coba Pesawat Pengebom Bikin Australia Kaget

Mula AkmalMula Akmal - Senin, 07 November 2022
[HOAKS atau FAKTA]: Indonesia Uji Coba Pesawat Pengebom Bikin Australia Kaget
Tangkap Layar Konten Hoaks. (Foto: Mafindo)

MerahPutih.com- Beredar video tentang Pesawat C-130J Super Hercules yang dipesan oleh TNI Angkatan Udara.

Video yang dibagikan oleh akun TikTok dengan username Lore Militer ini diberi judul “AUSTRALIA KAGET !! INDONESIA UJICOBA PESAWAT PENGEBOM”.

Baca Juga:

[HOAKS Atau FAKTA]: Kurma Muda Ampuh Bantu Proses Kehamilan

Dalam video tersebut, dibacakan narasi yang berisi informasi bahwa pesawat pesanan TNI AU tersebut sudah diluncurkan, namun belum ada informasi apakah peswat tersebut akan dilakukan uji coba atau tahap lainnya.

NARASI

AUSTRALIA KAGET !! INDONESIA UJICOBA PESAWAT PENGEBOM #beritaterkini #beritaviral #alutsistatni #loremiliter #militerindonesia

FAKTA

Setelah dilakukan penelusuran Mafindo, Indonesia memang sudah memesan sebanyak 5 unit Pesawat C-130J Super Hercules kepada Lockheed Martin Aeronautics Company pada tahun 2018.

Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengatakan bahwa Hercules seri terbaru akan meningkatkan kemampuan TNI AU secara signifikan.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: COVID-19 Subvarian XBB Mematikan dan Sulit Terdeteksi

Sumber lain mengatakan bahwa Pesawat C-130J Super Hercules ini adalah pesawat transportasi dan kargo, bukan pesawat pengebom. Pesawat ini juga kerap digunakan untuk keperluan sipil dan bantuan kemanusiaan.

Rencananya, pengiriman Pesawat C-130J Super Hercules baru akan dimulai pada Februari 2023. Sehingga untuk saat ini Indonesia belum melakukan uji coba dan belum ada informasi lebih lanjut mengenai pengoperasian pesawat ini.

KESIMPULAN

Narasi yang dibacakan belum menginformasikan lebih lanjut mengenai pengoperasian pesawat ini oleh Indonesia. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Anies Lengser, Ahok Kembali ke Balai Kota

##HOAKS/FAKTA #TNI AL
Bagikan
Bagikan