[HOAKS atau FAKTA]: Hydro Oxy Mouth Freshener Spray Sembuhkan Corona

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 08 Januari 2021
[HOAKS atau FAKTA]: Hydro Oxy Mouth Freshener Spray Sembuhkan Corona
Tangkapan layar soal hoaks Hydro Oxy Mouth Freshener Spray dapat sembuhkan COVID-19. (Foto: MP/Turnbackhoax.id)

MerahPutih.com - Beredar promosi atau iklan di media sosial mengenai produk Hydro Oxy Mouth Freshener Spray yang diklaim mampu menangkal COVID-19.

Salah satunya adalah akun marketplace Warung Sejahtera di Facebook yang juga menjual Hydro Oxy Mouth Freshener Spray yang diikuti dengan tangkapan layar gambar testimoni dan narasi yang mengklaim bahwa produk tersebut telah bersertifikasi BPOM dan dapat mencegah juga menyembuhkan COVID-19.

NARASI:

"Hydro Oxy 2.0 Spray membantu Pencegahan c.o.v.i.d.1.9 sudah bersertifikasi BPOM
Hydro Oxy 2.0 Spray untuk menyegarkan nafas dan membantu Pencegahan c.o.v.i.d.1.9 sudah bersertifikasi BPOM

IZIN BPOM dan Kemasan Terbaru

Dapat digunakkan sebagai solusi pencegahan dan penyembuhan virus/bakteri pada tenggorokkan, karya anak negeri

NETTO: 60ML (Bisa digunakkan sampai 35 hari)
Cara penggunaan semprotan:

Buang Nafas terlebih dahulu lalu semprotkan HYDRO di mulut sambil menghirup udara lewat mulut agar sampai ke bagian tenggorokkan. untuk pencegahan : 2 x 6 spray ( pagi/siang – malam ) untuk pengobatan : 6 x 6 spray ( pagi – siang – malam setiap 2 jam sekali) Fungsi dari semprotan ini:

Gunakkan setiap hari sebagai pencegahan virus yang menyerang tubuh

Bisa menghilangkan / menyembuhkan virus dan sudah terbukti dari reaktif, setelah menggunakan HYDRO OXY, hasil tes menjadi non reaktif. kunjungi website kami di www.hydrooxyspray.com www.hydrooxyspray.com www.hydrooxyspray.com #hydrooxy #hydrooxyspray #hydrooxybpom"

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA] : Vaksin Corona yang Disuntikkan Picu Serangan Penyakit


FAKTA:

Dari hasil penelusuran Mafindo, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) membantah produk Hydro Oxy Mouth Freshener Spray dapat menangkal virus SARS CoV-2 penyebab penyakit COVID-19.

“Promosi yang menyebutkan bahwa produk Hydro Oxy Mouth Freshener Spray dapat menangkal virus SARS CoV-2 adalah tidak benar dan tidak dapat dipertanggungjawabkan,” kata Kepala BPOM Penny K Lukito di Jakarta, Rabu (06/1).

Melansir kompas.com, BPOM mengakui bahwa produk tersebut telah terdaftar sebagai produk kosmetik dan diberikan Nomor Izin Edar/Notifikasi POM NA18201400055. Adapun nomor notifikasi tersebut berlaku mulai 4 Agustus 2020 hingga 4 Agustus 2023.

Kendati demikian, BPOM menegaskan bahwa tidak pernah memberikan persetujuan klaim kosmetik sebagai penangkal COVID-19.

Tangkapan layar soal hoaks Hydro Oxy Mouth Freshener Spray dapat sembuhkan COVID-19. (Foto: MP/Turnbackhoax.id)
Tangkapan layar soal hoaks Hydro Oxy Mouth Freshener Spray dapat sembuhkan COVID-19. (Foto: MP/Turnbackhoax.id)

Badan POM juga menegaskan kepada pelaku usaha termasuk produsen agar selalu menaati peraturan yang berlaku, termasuk peraturan terkait izin edar, iklan, dan label dan terus melakukan pengawasan produk di peredaran.

Jika menemukan produk yang mencantumkan klaim berlebihan, BPOM akan menindaklanjuti sesuai peraturan perundang-undangan yang berupa sanksi administrasi.

Sementara itu, Badan Kesehatan Dunia (WHO), melalui laman resminya who.int menyatakan sampai saat ini tidak ada obat khusus yang direkomendasikan untuk mencegah atau mengobati COVID-19.

Namun, mereka yang terinfeksi virus harus menerima perawatan yang tepat untuk meredakan dan mengobati gejala, dan mereka yang sakit parah harus mendapatkan perawatan suportif yang dioptimalkan. Beberapa perawatan spesifik sedang diselidiki, dan akan diuji melalui uji klinis.

WHO membantu mempercepat upaya penelitian dan pengembangan dengan sejumlah mitra.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Masjid Istiqlal Tak Gelar Salat Jumat akibat Dikuasai PKI

KESIMPULAN:

Atas penjelasan tersebut bahwa Hydro Oxy Mouth Freshener Spray dapat cegah dan sembuhkan virus corona adalah tidak benar dan masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Vaksin Sinovac Yang Diberikan Bertuliskan Only for Clininal Trial

#Virus Corona ##HOAKS/FAKTA
Bagikan
Bagikan