[HOAKS atau FAKTA]: Hotel Terdampak COVID-19 di Bali Dikuasai Monyet

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Selasa, 05 Mei 2020
[HOAKS atau FAKTA]: Hotel Terdampak COVID-19 di Bali Dikuasai Monyet
Ilustrasi (Foto: MerahPutih/Fachruddin Chalik)

Merahputih.com - Warganet dibuat tercengang dengan munculnya postingan sejumlah monyet 'menguasai' Hotel di Bali. Hal ini karena mayoritas tempat wisata disana sepi terdampak COVID-19.

Postingan itu diunggah akun Olive Ina (fb.com/keep.smile.927) di Facebook. Ia memposting sebuah video dengan narasi sebagai berikut:

Sekarang gantian para monyet menikmati renang di hotel (efek hotel di BaLi sepi pengunjung) & manusianya hanya cukup stay at home aja… Hahahaa…benar2 dunia lg terbalik balik

Hoaks monyet kuasai hotel di bali (https://perma.cc/Y644-VGTZ)

FAKTA :

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Periksa Fakta AFP, klaim bahwa video yang diklaim berada di Bali itu adalah salah. Lokasi kejadian di video itu adalah di sebuah kolam renang kompleks apartemen di daerah Mettuguda, dekat kota Hyderabad, India.

Pencarian lokasi yang dimaksud di Google Maps menemukan blok apartemen di video cocok dengan foto-foto apartemen Aparna Oosmans Everest.

Perusahaan manajemen apartemen itu, Aparna Constructions, juga membagikan video yang sama, yang memperlihatkan monyet-monyet berenang di kolam renang apartemen mereka, di Facebook pada 14 April 2020.

KESIMPULAN :

Narasi di akun tersebut dipastikan hoaks. Karena lokasi monyet berenang itu bukanlah di Bali. Lokasi kejadian di video itu adalah di sebuah kolam renang kompleks apartemen di daerah Mettuguda, dekat kota Hyderabad, India.

Netizen pun diminta hati-hati dalam membuat konten di media sosial. Sebab, selain merugikan masyarakat, ancaman hukuman menanti tatkala ada yang dirugikan dari unggahan tersebut. (Knu)

##HOAKS/FAKTA
Bagikan
Bagikan