[HOAKS atau FAKTA]: Hillary Clinton Terinspirasi Sri Mulyani dan Jokowi

Mula AkmalMula Akmal - Senin, 01 Agustus 2022
[HOAKS atau FAKTA]: Hillary Clinton Terinspirasi Sri Mulyani dan Jokowi
Tangkap layar konten hoaks. (Foto: mafindo)

MerahPutih.com - Akun Twitter dengan nama pengguna “RickyKardjono” mengunggah sebuah hasil tangkapan layar yang menyatakan bahwa dalam debat calon presiden Amerika Serikat di tahun 2016, Hillary Clinton menyatakan bahwa dirinya terinspirasi oleh Sri Mulyani dan Jokowi.

NARASI

Dalam debat calon presiden Amerika siang tadi yang disiarkan oleh tv keseluruh dunia salah satu kandidat presiden Hilary Clinton ditanya oleh salah satu responden “Siapa yang menginspirasi anda untuk tampil sebagai pemimpin bangsa Amerika dan siapa orang hebat yang anda kagumi?

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA] Warga Papua Demo Tolak PDIP

Jawabnya sungguh mengejutkan dunia “Kalau Obama menjadi presiden hebat Amerika untuk 2 periode belajarnya di Indonesia kalau saya ingin menjadi presiden wanita pertama untuk bangsa Amerika sangat mengagumi dan terinspirasi oleh kehebatan srikandi Indonesia bu Sri Mulyani Indrawati dan pak Jokowi. Nah tuh…..dunia saja mengakui hebat kan?
Gimana dengan kalian2 bangga nggak menjadi Indonesia ???”

FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran, tidak ada informasi yang kredibel terkait pernyataan Hillary Clinton tersebut.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Presiden Zelenskyy dan Rakyat Ukraina Marah Terhadap Jokowi

Faktanya, dari transkrip lengkap ketiga debat calon presiden Amerika Serikat tahun 2016 lalu, tidak ada pembahasan terkait Jokowi dan Sri Mulyani. Narasi serupa pernah beredar pada tahun 2016 lalu.

Artikel dengan topik tersebut telah dimuat dalam situs turnbackhoax.id yang berjudul “(HOAX) Hillary Clinton Menyatakan Ingin Belajar Pada Sri Mulyani dan Jokowi Pada Debat Calon Presiden Amerika” dan diunggah pada 17 Oktober 2016.

KESIMPULAN

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna “RickyKardjono” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten Palsu/Fabricated Content. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Sumbat Hidung Pakai Bawang Putih Bisa Sembuhkan Sinusitis

##HOAKS/FAKTA #Jokowi #Sri Mulyani
Bagikan
Bagikan