[HOAKS atau FAKTA] Foto Jokowi Salaman dengan WNA Tiongkok Sambil Menunduk Presiden Jokowi. Foto: Biro Setpres

MerahPutih.com - Beredar sebuah foto yang menunjukkan Presiden Jokowi berjabat tangan dengan Warga Negara Asing (WNA) asal Tiongkok sambil menunduk.

Foto tersebut disebarkan oleh akun Facebook Aprizal. Ia mengunggah sebuah gambar tersebut ke grup Anies Baswedan For President 2024 dengan narasi

"BEDA KELAS... DULU KLAS VVIP.. SEKARANG KELAS....EKONOMI WK WK WK...# SEKARANGMAH KACAU ZAMAN IKI"

Foto tersebut memperlihatkan Presiden ke-2 RI Soeharto dan Presiden Jokowi. Masing-masing terlihat sedang berjabat tangan. Presiden ke-2 RI Soeharto tampak menjabat tangan seseorang dengan posisi tegak. Sementara Jokowi menjabat tangan seseorang dengan membungkukkan badan.

Terdapat narasi : "Pemimpin Cerminan Pemilihnya", Cina dulu", "Yang merasa bangsa indonesia boleh bangga", "Cina sekarang", "Yang merasa bangsa cina boleh bangga"

Cek fakta

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjabat tangan orang Tiongkok dengan membungkukkan badan adalah klaim yang salah.

Faktanya, pria berbaju putih yang bersalaman dengan Jokowi itu bukanlah WNA Cina. Foto tahun 2014, ketika Jokowi menjabat tangan Priyo Budi Santoso.

Priyo adalah Warga Negara Indonesia (WNI) kelahiran Trenggalek, Jawa Timur. Priyo kala itu menjabat sebagai Wakil Ketua DPR dan Jokowi masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Mafindo
Foto: Mafindo

Dilansir Medcom.id pada April 2014, foto itu sempat menjadi trending topic di media sosial twitter. Jokowi dan Priyo berjabat tangan saat mereka bertemu di acara ulang tahun buruh di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta. Keduanya mengenakan kemeja putih.Bedanya, Priyo melengkapi penampilannya dengan dasi.

“Jokowi menyalami Priyo sambil membungkuk. Priyo pun menyambut rasa hormat Jokowi itu dengan tersenyum. Tangan kirinya tampak menepuk pundak Jokowi,” tulis Medcom.id dalam laporannya pada Jumat 4 April 2014.

Sementara itu, foto Presiden ke-2 RI Soeharto yang menjabat tangan seseorang dengan posisi tegak itu adalah foto ketika Soeharto bertemu dengan Sudono Salim alias Liem Sioe Liong, seorang pengusaha pada zaman Orde Baru.

Foto yang sama, diunggah di artikel berjudul “Liem Sioe Liong dan Salim Group, Pilar Bisnis Soeharto (1)” di situs afandriadya.com pada 25 Februari 2018.

Kesimpulan

Klaim bahwa foto itu memperlihatkan Jokowi menjabat tangan pihak Tiongkok sambil membungkukkan badan, adalah salah. Faktanya, Jokowi bersalaman dengan salah satu tokoh politik Indonesia.

Informasi ini masuk kategori hoaks jenis misleading content (konten menyesatkan). (Knu)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH