[HOAKS atau FAKTA]: Formula E Bikin APBD Ludes

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 13 Januari 2022
[HOAKS atau FAKTA]: Formula E Bikin APBD Ludes
Formula E. (Foto: Instagram/fiaformulae)

MerahPutih.com - Sebuah akun Facebook bernama Sandrina Achmad mengunggah postingan berupa narasi yang mengkalim bahwa tiket MotoGp Mandalika sudah habis terjual, sedangangkan ajang Formula E malah menghabiskan APBD dalam hal ini adalah DKI Jakarta.

SUMBER]: https://archive.fo/nSA62

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: WHO Nyatakan Vaksinasi di Seluruh Dunia Harus Dihentikan

[NARASI]:

“PENGUMUMAN TIKET MOTO GP MANDALIKA SUDAH LUDES. KALAU FORMULA-E BARU APBDnya YANG SUDAH LUDES.

FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran Mafindo, klaim bahwa tiket MotoGP Mandlika sudah habis terjual adalah tidak sepenuhnya benar.

Hingga 12 Januari, tercatat yang habis adalah tiket dengan kategori VIP Hospitality Suites Premiere Class seharga Rp 15 juta sebanyak 900 tiket.

Berdasarkan pencarian melalui salah satu official partner penjualan tiket MotoGP Mandalika yaitu tiket.com, terlihat masih banyak tiket di beberapa kelas yang bisa dipesan seperti kelas Grandstand Premium beberapa zona dan Royal Box B – Deluxe Class.

Tangkapan layar hoaks.
Tangkapan layar hoaks.

Sementara itu, klaim bahwa ajang Formula E menghabiskan APBD DKI Jakarta juga salah. Ketua Pelaksana Jakarta E-Prix 2022 Ahmad Sahroni menegaskan bahwa ajang balap Formula E 2022 tidak menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Karena itu, panitia penyelenggara Formula E akan mengandalkan sponsor dari perusahaan-perusahaan besar untuk mendanai balapan tersebut.

"Yang pasti pelaksanaan Formula E Tidak menggunakan APBD. Tolong dicatat," kata Sahroni dalam konferensi pers di Ancol, Jakarta Utara, Rabu (22/12/2021).

Ancol resmi ditunjuk sebagai lokasi sirkuit penyelenggaraan Formula E Jakarta pada Juni 2022 mendatang. Ancol ditunjuk sebagai lokasi sirkuit Formula E setelah melalui kajian panjang bersama pihak Formula E Operations sebagai wakil Federasi Otomotif Internasional (FIA).


KESIMPULAN

Berdasarkan hasil penelusuran Mafindo, klaim APBD ludes buat ajang formula e masuk informasi hoaks. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Totok Telapak Kaki Obati Asam Lambung

##HOAKS/FAKTA #MotoGP #Formula E
Bagikan
Bagikan