[HOAKS atau FAKTA]: Form Pendataan Usaha Mikro dan Ultra Mikro Link berjudul "Pendataan Usaha Mikro dan Ultra Mikro". (Foto: Unsplash/Tim Mossholder)

SELAMA pandemi virus corona ini, kehidupan manusia di seluruh dunia banyak yang menjadi tidak karuan. Dampak yang paling signifikan sangat dirasakan pada sektor ekonomi.

Banyak masyarakat yang kehilangan mata pencaharian karena harus dirumahkan sampai menjadi korban PHK dari tempat mereka bekerja. Tidak ketinggalan, kesulitan juga dirasakan oleh para pelaku usaha.

Baca juga:

[HOAKS atau FAKTA] PT Pegadaian Mengadakan Lelang Online

Keadaan ini disalah gunakan oleh banyak pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan informasi yang tidak bisa dipertanggungan.

Baru-baru ini beredar informasi untuk proses pengisian link dari Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM). Disebutkan jika pihak pengisi link informasi tersebut akan memperoleh bantuan dana berupa sejumlah dari KemenkopUKM.

Ajakan pengisian link informasi tersebut menggunakan judul "Pendataan Usaha Mikro dan Ultra Mikro". Dilansir dari laman turnbackhoax, link ini mengarahkan masyarakat untuk melakukan pengisian menggunakan Google Form.

Baca juga:

[HOAKS atau FAKTA] Lelang Online Sepeda Brompton Rp5 Juta Atas Nama PT Pegadaian

2
Informasi beredar lewat aplikasi pesan Whatsapp. (Foto: Unsplash/Jp Valery)

Merespon informasi yang beredar melalui pesan Whatsapp tersebut, melalui akun resmi Instagram @kemenkopukm, pihak KemenkopUKM mengkonfirmasi jika link pendaftaran tersebut adalah palsu alias hoaks.

KemenkopUKM menyatakan pihaknya tidak pernah mengeluarkan link pendaftaran seperti halnya yang beredar di masyarakat. KemenkopUKM juga mengatakan kalau pihaknya tidak bertanggung jawab atas pengisian data melalui link tersebut. (lgi)

Baca juga:

[HOAKS atau FAKTA]:COVID-19 Bisa Ditransmisikan Melalui Barang yang Dibeli dari Tiongkok?

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Leonard

LAINNYA DARI MERAH PUTIH