[HOAKS atau FAKTA]: Ferdy Sambo Dimakamkan pada 23 April

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 26 April 2023
[HOAKS atau FAKTA]: Ferdy Sambo Dimakamkan pada 23 April
Tangkapan layar soal hoaks Ferdy Sambo dimakamkan pada 23 April. (Foto: Turnbackhoax.id)

MerahPutih.com - Sejumlah informasi tentang Ferdy Sambo terus bermunculan di media sosial.

Akun Facebook Amalia (fb.com/Amaliaaa567) pada 23 April 2023 mengunggah sebuah video yang menampilkan foto pemakaman yang dihadiri anggota TNI dengan narasi: “DUKA M£ND4LAM SAMBO, P£M4K4MAN DIL4KUKAN MALAM INI”

SUMBER: archive.ph/KTJur (Arsip)

Baca Juga:

[HOAKS Atau FAKTA]: Obama Pindah Ke Kenya

FAKTA:

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang menampilkan foto pemakaman yang dihadiri anggota TNI yang diklaim sebagai pemakaman Sambo pada 23 April 2023 merupakan konten yang menyesatkan.

Faktanya, tidak ada bukti bahwa Sambo dimakamkan pada tanggal 23 April 2023. Foto di video itu merupakan foto ketika jenazah Praka Anumerta Yanuarius Loe dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TPM), Atambua pada Jumat, 21 Februari 2020.

Foto ini salah satunya dimuat di artikel berita berjudul “Tembakan Salvo Iringi Pemakaman Praka Yanuarius Loe” yang terbit di situs kupang.tribunnews.com pada Jumat, 21 Februari 2020.

Praka Anumerta Yanuarius Loe merupakan salah satu korban dari jatuhnya Helikopter MI-17 yang dilaporkan hilang kontak saat terbang dari Bandara Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang ke Bandara Sentani Jayapura pada Juni 2019.

Helikopter tersebut kemudian ditemukan hancur di salah satu tebing di Pegunungan Mandala, Distrik Oksop, Kabupaten Pegunungan Bintang, Senin (10/2/2020).

Baca Juga:

[HOAKS Atau FAKTA]: Israel Ancam Indonesia

KESIMPULAN:

Tidak ada bukti bahwa Sambo dimakamkan pada tanggal 23 April 2023. Foto di video itu merupakan foto ketika jenazah Praka Anumerta Yanuarius Loe dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TPM), Atambua pada Jumat, 21 Februari 2020. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS Atau FAKTA]: Penolakan Israel Soal Piala Dunia U20 Adalah Sikap Pemerintah

##HOAKS/FAKTA
Bagikan
Bagikan