[HOAKS atau FAKTA] : Erick Thohir Dicopot Jokowi

Mula AkmalMula Akmal - Senin, 28 Maret 2022
[HOAKS atau FAKTA] : Erick Thohir Dicopot Jokowi
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Humas Kementerian BUMN

MerahPutih.com- Beredar postingan di YouTube oleh channel bernama POLITIK INDONESIA yang memposting sebuah video berdurasi 8 menit 1 detik.

Video tersebut disertai thumbnail yang menyatakan bahwa Erick Thohir, telah dicopot dari jabatannya sebagai Menteri BUMN.

Baca Juga:

Pimpinan DPR Kritik Keputusan IDI Pecat Terawan

NARASI

BIKIN SEMUA TERKEJUT !!
ERIK TOHIR DICOPOT
DIAM DIAM PRESIDEN JOKOWI TEMUKAN NIAT TERSELUBUNG

BERITA VIRAL ~ inilah alasan kenapa presiden copot er!k toh!r ?? ~ BERITA TERBARU #BERITATERKINI #BERITAHARIINITERBARU #BERITAINDONESIAHARIINI


FAKTA

Setelah ditelusuri Mafindo, dalam video ditonton sepanjang durasi, tidak ada klaim yang menyatakan bahwa Erick Thohir dicopot dari jabatannya.

Ditemukan bahwa narasi dalam video sama persis dengan website telusur.co.id dengan judul artikel “2 Tahun Kinerja Kabinet, Korpus BEM Nusantara: Erick Thohir Layak Direshuffle”.

Tangkapan Layar Video Erick Thohir Dicopot. (Foto: Mafindo)
Tangkapan Layar Video Erick Thohir Dicopot. (Foto: Mafindo)

Adapun keseluruhan dalam artikel tersebut membahas soal Koordinator Pusat (Korpus) Badan Eksekutif Mahasiswa Nusantara, Eko Pratama sebagai Korpus BEM Nusantara menilai Erick Thohir saat ini tidak serius menjadikan BUMN sebagai jangkar perekonomian Indonesia.

Selain itu, Eko juga menyoroti internal BUMN yang masih terjadi rangkap jabatan.

Saat ini Erick Thohir masih menjabat sebagai Menteri BUMN. Melalui akun Twitter resminya, Erick Thohir baru saja menghadiri perhelatan MotoGP di Mandalika. Diketahui Pertamina menjadi sponsor utama dalam event MotoGP Mandalika.

KESIMPULAN

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim POLITIK INDONESIA adalah tidak benar dan termasuk kategori False Connection.(knu)

Baca Juga:

Samuel L. Jackson hingga Danny Glover Terima Governors Awards Oscar 2022

#Mafindo #Erick Thohir #Jokowi
Bagikan
Bagikan