[HOAKS atau FAKTA] Erdogan: Indonesia Dipimpin Penjahat Jika Jokowi tidak Terjun ke Politik Presiden Turki Reccep Tayyip Erdogan (Foto: xinhua)

MerahPutih.com - Akun Facebook Bayes Dika atau @bayes.dika mengunggah foto Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan yang ditambahkan narasi sebagai berikut

“Jika Joko Widodo Tidak Terjun ke Politik, Maka Para Penjahatlah yang Akan Mengisinya,” kutipan dan foto dari Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan yang diunggah akun Facebook Bayes Dika atau @bayes.dika, Jumat (3/7).

Cek fakta:

Berdasarkan penelusuran Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), unggahan akun Facebook Bayes Dika diketahui salah atau keliru.

Dengan diketikan kalimat kutipan yang diklaim akun Facebook Bayes Dika tersebut pada mesin pencari, hasilnya tidak ditemukan berita dari media daring dengan judul dan isi berita serupa.

Mafino
Foto: Mafindo

Selain itu, foto asli Presiden Erdogan itu, pernah ditayangkan oleh okezone.com pada artikel berjudul “Erdogan: Turki Tidak Akan Tunduk pada Amerika” pada Minggu, 19 Agustus 2018. Dalam foto tersebut dituliskan keterangan “Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Foto/Reuters”.

Kesimpulan:

Dengan begitu, unggahan akun Facebook Bayes Dika menurut kategori Misinformasi dan Disinformasi dari First Draft dapat disebut sebagai False Context atau Konten yang Salah dengan arti Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah. (Knu)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH