[HOAKS atau FAKTA]: Ekstrak Air Dari Pohon Pisang Sembuhkan Asam Lambung

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Minggu, 29 Mei 2022
[HOAKS atau FAKTA]: Ekstrak Air Dari Pohon Pisang Sembuhkan Asam Lambung
Ilustrasi asam lambung. (Klikdokter)

MerahPutih.com - Beredar sebuah unggahan di media sosial yang mengklaim bahwa air minum yang diekstrak dari pohon pisang selama 15 hari dapat menyembuhkan asam lambung.

Unggahan tersebut menyertakan gambar sendok logam berisi cairan keruh yang tampaknya dikumpulkan dengan cara memasukkan gagang sendok ke batang pohon pisang.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Jokowi Tunjuk Risma Jadi Penjabat Gubernur DKI Jakarta

Sumber: Facebook
https://bit.ly/3wdkHir

Narasi:

[Terjemahan dari Bahasa Thailand]

“Dulu saya menderita asam lambung, saya sangat menderita! Obat mahal dan tidak membantu. Makanya saya pakai jamu tradisional. Saya mengambil air dari pohon pisang dan mengumpulkan dua sendok makan. Saya minum air pisang secara teratur selama 15 hari, dan saya sembuh total. Jangan meremehkan obat tradisional Thailand. Saya jamin ini.”

FAKTA

Faktanya, Pakar Kesehatan Thailand mengatakan tidak ada bukti bahwa meminum cairan yang dapat diekstrak dari pohon pisang dapat menyembuhkan asam lambung.

"Ini sepertinya rumor yang tidak berdasar," kata Bussaraporn Thanasilungkoon, petugas teknis senior di Departemen Pengobatan Tradisional dan Alternatif Thailand kementerian kesehatan, yang mengawasi penelitian penggunaan obat herbal tradisional.

"Tidak ada penelitian di bawah pengobatan tradisional Thailand yang menyatakan bahwa air pisang mengobati refluks asam," katanya kepada AFP.

Tangkapan layar hoaks
Tangkapan layar hoaks

Selain itu, Nonthalert Lertnitikul, seorang profesor di Departemen Farmakognosi dan Botani Farmasi Universitas Chulalongkorn, juga mengatakan kepada AFP bahwa cairan yang diekstraksi dari pohon pisang “tidak higienis” dan “tidak boleh dikonsumsi untuk menyembuhkan penyakit apa pun”.

Dia mengatakan cairan yang diekstraksi dari pohon pisang terdiri dari air, karet pisang dan zat lain yang terkontaminasi seperti kuman dan debu.

KESIMPULAN

Setelah ditelusuri Mafindo, informasi tersebut salah. Dengan demikian, klaim cairan dari pohon pisang dapat menyembuhkan asam lambung adalah klaim tidak berdasar dan termasuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Ibu Hamil Minum Air Kelapa Hilangkan Bercak Putih pada Bayi

##HOAKS/FAKTA
Bagikan
Bagikan