[HOAKS atau FAKTA]: Dunia Mendesak agar Tiongkok Menyerah ke Indonesia

Mula AkmalMula Akmal - Selasa, 28 Maret 2023
[HOAKS atau FAKTA]: Dunia Mendesak agar Tiongkok Menyerah ke Indonesia
Tangkap layar konten hoaks. (Foto: Mafindo)

MerahPutih.com- Akun Youtube ALUR MILITER mengunggah video yang berjudul “BERITA TERKINI..!! CHINA DIUJUNG TANDUK, DUNIA ANCAM XI-JINPING BEGINI – TRENDING ON YOUTUBE – NEWS”.

Video tersebut diunggah pada tanggal 4 Maret 2023 dengan narasi: “Usai inflasi Indonesia yang menyerang dengan skala penuh kepada Tiongkok, dunia menguatkan desakan agar Tiongkok mengakhiri perang di negaranya karena gejolak yang tidak bisa lagi dibendung oleh serangan TNI dan hacker Indonesia…”.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Jokowi Pecat 64 Menteri karena Terlibat Kasus Pencucian Uang

NARASI

“Usai inflasi Indonesia yang menyerang dengan skala penuh kepada China, dunia menguatkan desakan agar China mengakhiri perang di negaranya karena gejolak yang tidak bisa lagi dibendung oleh serangan TNI dan hacker Indonesia…”

FAKTA

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa video merupakan hasil editan kumpulan video yang diberi narasi yang menyesatkan.

Video pertama yang dicuplik adalah video sidang Dewan Keamanan PBB yang membahas pemeliharaan perdamaian dan keamanan Ukraina dengan judul “Ukraine: UN Security Council | United Nations | Full”. Video tersebut diunggah akun Youtube resmi United Nations pada tanggal 8 September 2022.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Sri Mulyani Diberhentikan dari Menteri Keuangan

Video kedua yang diunggah adalah video pernyataan media dari Dmytro Kuleba, Menteri Luar Negeri Ukraina, setelah pertemuan Dewan Keamanan tentang pemeliharaan perdamaian dan keamanan Ukraina yang diunggah oleh akun Youtube United Nations pada tanggal 25 Februari 2023.

Video ketiga yang dicuplik adalah video liputan dari Vice saat sambutan Xi Jinping pada Kongers Partai Komunis Tiongkok yang diungah pada tanggal 2 Desember 2018 dengan judul: “How Xi Jinping Changed China And The Communist Party (HBO)”.

KESIMPULAN

Konten yang dimanipulasi. Video merupakan editan dari video sidang Dewan Keamanan PBB yang membahas perdamaian dan keamanan Ukraina serta video sambutan Xi Jinping pada Kongres Partai Komunis Tiongkok tahun 2018. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Bansos Tak Disalurkan, Nasib Anies Berakhir di Tangan Sri Mulyani

##HOAKS/FAKTA
Bagikan
Bagikan