[HOAKS atau FAKTA] Driver Grab Minta Jokowi Turun

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 29 Juli 2021
[HOAKS atau FAKTA] Driver Grab Minta Jokowi Turun
Layanan GrabProtect, protokol kesehatan dan keselamatan untuk meminimalisir risiko penularan COVID-19 selama perjalanan. (ANTARA/HO-Grab)

MerahPutih.com - Akun Facebook Imen Blaem memposting sebuah foto seorang driver Grab yang memegang sebuah papan yang bertuliskan “SUDAH CUKUP PAK…!!! KALO JELAS GAK MAMPU TURUUUUN..!!! JANGAN CENGENGESAN DI ATAS DERITA RAKYAT”.

Postingan ini disukai sebanyak 797 kali, dikomentari 62 kali, dan disebarkan kembali 107 kali.

Baca Juga

[HOAKS atau FAKTA]: Penampakan Piramida Giza 4.600 Tahun yang Lalu

Narasi:

“Wow
Aku suka gaya loh bang????”

Cek fakta:

Berdasarkan penelurusan, foto yang serupa ditemukan pada postingan dari akun Facebook resmi Grab dengan papan bertuliskan “SERAHIN KEBUTUHAN KAMU SAMA ABANG, KAMU DIRUMAH AJA – GrabAssistant –“, pada postingan itu juga terdapat caption sebagai berikut:

“Makasih ya karena kamu udah saling jaga dengan tetap di rumah aja!
Mungkin kamu bingung saat harus beli sesuatu, tapi gak bisa keluar rumah. Tenang aja, kamu bisa andalkan GrabAssistant untuk titip beliin apa aja yang kamu butuhkan! Mulai dari makanan, sampai keperluan harian, GrabAssistant siap belikan! Gak usah khawatir, ratusan ribu driver Grab sudah divaksin dan selalu terapkan pengantaran tanpa kontak.”

Foto: Mafindo

Grab Indonesia dan Gojek juga menegaskan bahwa pihaknya tidak terlibat dalam Rencana Seruan Aksi Nasional terhadap penolakan PPKM yang sempat beredar dan direncanakan berlangsung pada 24 Juli 2021 yang pada akhirnya batal diselenggarakan.

Kesimpulan:

Dari penjelasan tersebut foto driver Grab meminta Jokowi untuk turun adalah tidak benar sehingga termasuk dalam kategori Konten yang dimanipulasi (Asp)

Baca Juga

[Hoaks atau Fakta]: Virus COVID-19 Menular Melalui Air

##HOAKS/FAKTA
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan