[HOAKS atau FAKTA]: Diam-diam Anies Temui Pengusaha Eropa

Mula AkmalMula Akmal - Rabu, 15 Februari 2023
[HOAKS atau FAKTA]: Diam-diam Anies Temui Pengusaha Eropa
Tangkap layar konten hoaks. (Foto: Mafindo)

MerahPutih.com - Sebuah akun Tiktok bernama biraya87 mengunggah video yang diklaim merupakan rekaman dari intelijen terkait pertemuan rahasia Anies Baswedan dengan beberapa pengusaha di Eropa.

Video itu berisi kompilasi rekaman video pertemuan Anies dengan beberapa pejabat dari luar negeri, rekaman YouTube Haidar Alwi, Eko Kuntadhi dan Ade Armando.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Firli Bahuri Terjerat OTT KPK

Beberapa pernyataan yang disampaikan ketiganya yakni Anies sudah dipersiapkan sejak lama oleh Amerika Serikat dan menjadi boneka AS, Wikileaks membocorkan kawat dari Kedutaan Amerika Serikat di Jakarta, dan Anies Baswedan diangkat menjadi anggota board (dewan) di Universitas Oxford, Inggris.

FAKTA

Berdasarkan penelusuran, potongan video ini identik dengan yang ditayangkan oleh akun tvOneNews pada 28 September 2022. Peristiwa yang sama diunggah oleh akun Youtube Anies Baswedan, 23 Juli 2022. Peristiwa ini terjadi saat Anies Baswedan masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Anies Baswedan bersama EU Ambassador H.E. Vincent Piket, dan Vice President of the European Investment Bank Mr. Kris Peeters serta jajarannya rapat bersama di Kantor MRT Bundaran Hotel Indonesia, membahas investasi pengembangan transportasi umum di Jakarta, terutama untuk MRT fase-fase berikutnya.

Potongan video kedua, bagian dari liputan Kompas.com, saat mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan pertemuan dengan Menteri Perdagangan Internasional Inggris Anne-Marie pada Rabu (23/2/2022) untuk membahas potensi kolaborasi terkait iklim hingga transportasi.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Punya Utang Rp 50 Miliar, Sandiaga Gugat Anies


Kemudian potongan video ketiga, Anies Baswedan yang saat itu masih menjabat Gubernur DKI Jakarta, bersama Duta Besar Jerman untuk Indonesia H.E. Ina Lepel menyambangi lokasi Jakarta Future City Hub di Jakarta Box Tower Lantai 23, Jakarta.

Jakarta Future City Hub ini merupakan hasil kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dengan Pemerintah Berlin dalam proyek smart change yang didanai oleh Uni Eropa. Momen kunjungan Anies dan Ina Lepel ini diunggah oleh akun YouTube Kompas TV pada 1 Mei 2022.

KESIMPULAN


Informasi yang salah. Dalam video tersebut adalah beberapa cuplikan Anies Baswedan saat menjadi Gubernnur DKI Jakarta saat pertemuannya bersama EU Ambassador H.E. Vincent Piket, Menteri Perdagangan Internasional Inggris Anne-Marie, dan Duta Besar Jerman untuk Indonesia H.E. Ina Lepel.

Video-video itu bukan video rahasia yang dibocorkan oleh intelijen, melainkan telah dipublikasikan oleh beberapa media di Indonesia. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Jokowi Turun Tangan Tangkap Ketua KPK Firli Bahuri

##HOAKS/FAKTA
Bagikan
Bagikan