[HOAKS atau FAKTA]: Corona adalah Penyakit Radiasi

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 24 November 2020
[HOAKS atau FAKTA]: Corona adalah Penyakit Radiasi
Ilustrasi COVID-19. Foto: Pixabay

MerahPutih.com - Akun Facebook Katie Mui mengunggah video berdurasi 7 menit 53 detik yang memperlihatkan seorang wanita di jalan yang sedang berbicara mengenai Corona yang merupakan sebuah kedok dari penyakit radiasi.

Narasi

"Covid is smoke screen for radiation sickness"
Artinya: Covid adalah tabir asap untuk penyakit radiasi"

Cek fakta

Setelah ditelusuri tim Mafindo, pernyataan yang dilontarkan wanita tersebut dikatakan ahli menunjukkan penyakit yang dinamakan pneumonitis radiasi. Gejala penyakit radiasi pneumonitis dan COVID-19 memang serupa, tetapi keduanya sama sekali berbeda.

Pneumonitis radiasi adalah suatu bentuk peradangan paru-paru yang dapat muncul dengan sendirinya dalam beberapa minggu dan bulan setelah seseorang menjalani pengobatan radiasi untuk kanker.

Foto: Mafindo

Gejala berupa sesak napas, batuk dan demam – mirip dengan COVID-19 penyakit yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2.

Ahli Onkologi Radiasi Narek Shaverdian dan Annemarie Fernandes Shepherd, dari Memorial Sloan Kettering Cancer Center berkata, “Mereka disebabkan oleh etiologi yang sangat berbeda,” Shepherd mengatakan kepada Reuters, dengan Shaveridan menambahkan bahwa pneumonitis radiasi “tidak ada hubungannya dengan virus”.

Kesimpulan

Sehingga, klaim mengenai Covid yang merupakan kedok dari penyakit radiasi merupakan hoaks dengan kategori konten yang menyesatkan. (KNU)

##HOAKS/FAKTA #COVID-19
Bagikan
Bagikan