[HOAKS atau FAKTA]: CNN Indonesia Tawarkan Bermacam Hadiah Bagi Warga yang Bersedia Divaksin

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Senin, 26 Juli 2021
[HOAKS atau FAKTA]: CNN Indonesia Tawarkan Bermacam Hadiah Bagi Warga yang Bersedia Divaksin
Vaksinasi COVID-19. (Foto: Antara)

Merahputih.com - Akun Facebook dengan nama pengguna “Aldous” (https://www.facebook.com/riyan.almaru) mengunggah beberapa foto judul berita di CNN Indonesia terkait pemberian hadiah bagi warga yang telah divaksin.

Pada foto, tertera ada beberapa macam hadiah yang ditawarkan, seperti ponsel, promo belanja, beras, dan ayam. Unggahan tersebut juga disertai narasi yang menyatakan bahwa hadiah-hadiah tersebut ditawarkan oleh pihak CNN Indonesia.

Baca Juga

Ketua DPD Minta Masyarakat Tak Perlu Khawatir Ikuti Vaksinasi

NARASI:

“Tawaran by dunia media mainstream seperti anak kecil di tawarin permen/uang seribu…”

Vaksinasi di Bandung. (Foto: Humas Kota Bandung)
Vaksinasi di Bandung. (Foto: Humas Kota Bandung)

FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran Mafindo, pihak CNN Indonesia hanya memberitakan pemberian hadiah bagi warga yang telah divaksin. Hadiah itu sendiri ditawarkan oleh kepolisian dan pihak kecamatan di beberapa daerah yang berbeda.

Beberapa diantaranya adalah hadiah ponsel yang ditawarkan oleh pihak kepolisian di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, hadiah promo belanja yang ditawarkan oleh pihak kepolisian di Kelurahan Setiabudi, Jakarta Selatan, serta hadiah ayam yang ditawarkan oleh pihak kecamatan di Cianjur, Jawa Barat.

Baca Juga

3.000 Karyawan Indomaret Ditargetkan Ikut Vaksinasi di Bandung

KESIMPULAN

Faktanya, CNN Indonesia hanya memberitakan pemberian hadiah bagi warga yang telah divaksin. Hadiah itu sendiri ditawarkan oleh kepolisian dan pihak kecamatan di beberapa daerah yang berbeda. (Knu)

##HOAKS/FAKTA #Penyebar Hoaks
Bagikan
Bagikan