[HOAKS atau FAKTA]: Cegah Omicron, Vaksinasi Harus Satu Minggu Sekali

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 20 Desember 2021
 [HOAKS atau FAKTA]: Cegah Omicron, Vaksinasi Harus Satu Minggu Sekali
Vaksinasi COVID-19. (Foto: Humas Kota Bandung)

MerahPutih.com - Beredar postingan di Twitter oleh akun bernama @Loenz_Nkabi, yang memposting sebuah screenshot judul artikel berita berbunyi “Pfizer Scientists Warn Weekly Vaccinations May Be Needed For Omicron Variant COVID- 19 To Prevent Lockdown”, (terjemahan Bahasa Indonesia: “Ilmuwan Pfizer Memperingatkan Vaksinasi Mingguan untuk virus Omicron Mungkin Diperlukan untuk Mencegah Lockdown”).

Postingan @Loenz_Nkabi beredar di tengah pemberitaan mengenai virus COVID-19 varian Omicron yang telah menyebar di berbagai negara serta program vaksinasi yang masih terus digalakkan di setiap wilayah.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Video Bukti Varian Omicron Hanya Dibuat-Buat

SUMBER: Twitter
https://archive.vn/Llqxx

NARASI:
Dear Vaxxed
"Pfizer Scientists Warn Weekly Vaccinations May Be Needed For Omicron Variant COVID- 19 To Prevent Lockdown”
(terjemahan)
"Ilmuwan Pfizer Memperingatkan Vaksinasi Mingguan untuk virus Omicron Mungkin Diperlukan untuk Mencegah Lockdown"

FAKTA

Perwakilan perusahaan Pfizer, Keanna Ghazvini, mengklarifikasi bahwa pihak Pfizer tidak pernah mengeluarkan pernyataan bahwa ilmuwan mereka memperingatkan bahwa dibutuhkan vaksinasi seminggu sekali untuk mencegah Omicron.

Selain itu, setelah dilakukan penelusuran mengenai asal artikel aslinya, ditemukan bahwa artikel berita tersebut berasal dari website bernama thestonkmarket.com, yang menurut deskripsinya website tersebut berisikan konten-konten lelucon bergaya satire.

Tangkapan layar hoaks

Dengan begitu dapat diketahui, artikel berita yang menyebut bahwa ilmuwan Pfizer memperingatkan agar melakukan vaksinasi setiap minggu untuk mencegah penyebaran Omicron hanyalah lelucon.

Saat ini, para ahli kesehatan dan ilmuwan sedang dalam proses mempelajari lebih dalam virus Omicron dan cara tepat pencegahannya.


KESIMPULAN

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim @Loenz_Nkabi adalah hoaks dan termasuk kategori konten yang menyesatkan. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Varian Omicron Ditemukan Sejak Juli 2021

#Vaksinasi ##HOAKS/FAKTA #Penyebar Hoaks
Bagikan
Bagikan