[HOAKS atau FAKTA]: Campuran Madu dan Bawang Putih Bisa Sembuhkan Kanker

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 14 Mei 2020
[HOAKS atau FAKTA]: Campuran Madu dan Bawang Putih Bisa Sembuhkan Kanker
Ilustrasi. (Foto: MP/Pixabay.com/congerdesign)

MerahPutih.com - Beredar unggahan tangkapan layar yang menyatakan bahwa campuran madu dan bawang putih dapat menghancurkan pertumbuhan sel kanker. Pada narasi penyerta tangkapan layar disebutkan pula itu obat kanker yang sangat mujarab.

Berikut narasi yang beredar di media sosial:

“Obat Kanker yg sangat mujarab”

Narasi dalam gambar:

“Tolong Sebarkan.! 1X Anda Sebarkan Berarti Anda Telah Menyelamatkan Jutaan Manusia.! LUAR BIASA,!! MADU DI CAMPUR BAWANG PUTIH AKAN MENGHASILKAN MANFAAT YANG TAK TERDUGA BISA MENGHANCURKAN PERTUMBUHAN SEL KANKER,!! BILA ADA SAUDARA ATAUPUN TETANGGA YANG MENGIDAP PENYAKIT KANKER BELUM KUNJUNG SEMBUH TOLONG KASIH TAHU CARA INI,!! INSYA ALLAH PENYAKIT YANG DI DERITA AKAN SEMBUH”

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA] Ulama Windusari Diculik karena Terpapar COVID-19

FAKTA:

Melalui hasil penelusuran, diketahui bahwa klaim tersebut tidak benar. American Institute of Cancer Research (AICR), tidak ada satu pun makanan atau komponen makanan yang dapat melindungi seseorang dari kanker dengan sendirinya.

Penelitian menunjukkan bahwa diet yang terdiri dari berbagai sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan makanan nabati lainnya membantu menurunkan risiko kanker, bukan menyembuhkannya.
Lalu, dilansir dari thequint.com, Direktur Bedah Onkologi di Fortis, Gurugram dr Niranjan Naik menyebutkan bahwa tidak ada obat yang mampu menyembuhkan kanker secara 100 persen.

“Tidak ada obat pasti untuk kanker. Setelah didiagnosis, tidak ada buah atau sayuran yang bisa mengobatinya. Bahkan bahkan dengan obat-obatan, kita tidak dapat memastikan akan 100 persen sembuh,” kata dr Niranjan Naik.

Tangkapan layar hoaks campuran madu dan bawang putih dapat sembuhkan kanker. (Foto: MP/turnbackhoax.id)
Tangkapan layar hoaks campuran madu dan bawang putih dapat sembuhkan kanker. (Foto: MP/turnbackhoax.id)

Dr Niranjan menyatakan, beberapa buah-buahan dan sayuran memiliki kemungkinan memiliki kandungan pencegahan kanker, seperti kunyit, tomat, minyak ikan, buah-buahan kering, wortel, bayam, bawang putih, kecambah brussel, kacang-kacangan, dan lain sebagainya.

Kandungan antioksidan di dalam buah dan sayuran itu dapat bekerja sangat baik untuk menjaga tubuh lebih sehat dan mempertahankan berat badan yang sehat.

Akan tetapi, dr Nirajan kembali menegaskan, mengkonsumsinya tidak menjamin imunitas absolut terhadap kanker dan juga tidak menyembuhkan dari kanker. Mengkonsumsi buah dan sayuran itu hanya menurunkan potensi terkena kanker.

Baca Juga:

[HOAX atau FAKTA]: Khalifah Otoman Temukan Vaksin Pertama Dunia Tahun 1717

KESIMPULAN :

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka konten yang dibagikan tersebut tidak benar. Oleh sebab itu, konten tersebut masuk ke dalam kategori konten yang salah.

Menurut American Institute of Cancer Research (AICR), penelitian menunjukkan bahwa diet yang terdiri dari berbagai sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan makanan nabati lainnya membantu menurunkan risiko kanker, bukan menyembuhkannya. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Tidak Menggunakan Masker Denda Rp300 Ribu di Semarang

##HOAKS/FAKTA
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan