[HOAKS atau FAKTA]: Cacar Monyet Disebabkan dari Efek Samping Vaksin COVID-19

Mula AkmalMula Akmal - Kamis, 28 Juli 2022
[HOAKS atau FAKTA]: Cacar Monyet Disebabkan dari Efek Samping Vaksin COVID-19
Cacar Monyet. (Foto: Antara/ Reuters)

MerahPutih.com - Beredar sebuah unggahan di Facebook membagikan gambar yang berisi kabar bahwa pandemi cacar monyet telah dimulai.

Dalam unggahan tersebut juga mengklaim bahwa kandungan vektor adenovirus simpanse dalam vaksin Covid-19 AstraZeneca menjadi penyebab cacar monyet menginfeksi manusia sehingga dapat menularkan ke orang lain.

Baca Juga:

2 Laboratorium Disiapkan Mendeteksi Virus Cacar Monyet

NARASI

Klaim bahwa cacar monyet adalah penyakit menular pernapasan adalah kebohongan untuk mengendalikan [orang] dan [cacar monyet] sangat mungkin menjadi efek samping yang ditunjukkan pada orang yang disuntik dengan vaksin AstraZeneca. [Terjemahan dari Bahasa Korea]

FAKTA

Setelah ditelusuri Mafindo, klaim tersebut salah. Faktanya vaksin AstraZeneca Covid-19 menggunakan vektor vaksin adenovirus simpanse untuk mengangkut instruksi genetik ke tubuh guna memicu produksi protein lonjakan yang mirip dengan virus SARS-CoV-2.

Baca Juga:

Kemenkes Pastikan Penyakit Cacar Monyet Belum Ditemukan di Indonesia

Profesor Yoo Jin-hong , seorang ahli epidemiologi di Universitas Katolik Korea mengatakan bahwa Virus cacar monyet dan adenovirus simpanse yang digunakan dalam vaksin AstraZeneca adalah virus yang berbeda dan tidak menyebabkan penyakit pada manusia.

KESIMPULAN

Dengan demikian klaim Cacar Monyet Disebabkan dari Efek Samping Vaksin Covid-19 AstraZeneca merupakan hoaks dengan kategori Konten yang Menyesatkan. (Knu)

Baca Juga:

Terdeteksi di Singapura dan Thailand, Dokter Diharapkan Waspadai Gejala Cacar Monyet

##HOAKS/FAKTA #Cacar Monyet
Bagikan
Bagikan