[HOAKS atau FAKTA]: Cacar Monyet Bagian Latihan Serangan Biologis

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Jumat, 27 Mei 2022
[HOAKS atau FAKTA]: Cacar Monyet Bagian Latihan Serangan Biologis
Foto yang diambil selama penyelidikan wabah cacar monyet, yang terjadi di Republik Demokratik Kongo (DRC), 1996 hingga 1997, (CDC/Brian W.J. Mahy/HO via Reuters/as)

MerahPutih.com - Beredar sebuah narasi yang mengklaim penyakit cacar monyet atau monkeypox, merupakan agenda elite global dan pandemi palsu part 2.

Disebutkan, para pemimpin global telah melakukan pertemuan di Munich, Jerman, dengan agenda melakukan latihan serangan biologis konsekuensi tinggi.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA] Rusia Keluar dari PBB

Unggahan itu menyertakan infografis berjudul: “Strengthening Global Systems to Prevent and Respond to High-Consequence Biological Threats” yang diklaim sebagai jadwal serangan.

FAKTA

Dikutip dari laman WHO, cacar monyet atau monkeypox adalah penyakit langka yang disebabkan virus monkeypox, bagian dari genus Orthopoxvirus.

Pada 13 Mei 2022, WHO menerima laporan dari 12 negara di luar wilayah endemik cacar monyet. Kendati demikian, penyakit ini sudah ada sejak 1958 dan ditemukan di laboratorium Denmark.

Penyakit ini awalnya ditemukan pada monyet dengan kasus infeksi pertama cacar monyet pada manusia terjadi pada 1970, yang dialami seorang anak di Kongo.

Hingga berita ini dirilis, belum ada pernyataan resmi dari WHO yang menyatakan cacar monyet sebagai pandemi.

Tangkapan layar hoaks. (Foto: Antara)
Tangkapan layar hoaks.

Terkait tabel yang disematkan pada narasi yang beredar, benar bahwa Nuclear Threat Initiative (NTI) membuat materi bertajuk “Strengthening Global Systems to Prevent and Respond to High-Consequence Biological Threats”.

Namun, tabel yang ditunjukkan mengenai penyakit cacar air bukanlah jadwal serangan. Melainkan, kemungkinan yang diperkirakan ketika cacar air menyerang sejumlah negara, hingga kemungkinan terburuk yakni menjadi pandemi.

KESIMPULAN

Informasi tersebut dipastikan hoaks dan narasi tersebut tidak benar. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Kantor Anies Digeledah KPK Terkait Kasus Korupsi Formula E

##HOAKS/FAKTA #Mafindo
Bagikan
Bagikan