[HOAKS atau FAKTA] Buni Yani Menyesal Memenjarakan Ahok Terpidana kasus ujaran kebencian Buni Yani akhirnya bebas dari hukuman dan keluar dari Lapas Gunung Sindur, Bogor (Foto: ANTARA)

MerahPutih.com - Akun Facebook Ferry Ansyah membagikan gambar dengan narasi yang menyebutkan bahwa Buni Yani menyesal telah memenjarakan Ahok (Basuki Tjahaja Purnama).

Narasi

'Terlambat: Buni Yani Menyesal telah Memenjarakan Ahok Dan Sekarang Berjanji Tak Akan Mengulanginya Lagi. Tobat…. Tobat…. Tobat'

Cek fakta

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) , diketahui bahwa konten gambar tersebut merupakan hasil suntingan dari tampilan artikel periksa fakta medcom.id berjudul “[Cek Fakta] Buni Yani Menyesal telah Memenjarakan Ahok? Ini Faktanya” pada versi mobile.

Selain itu, diketahui pula bahwa Buni Yani tidak pernah memberikan pernyataan perihal penyesalannya terhadap kasus yang menimpa Ahok. Isu tersebut sudah diklarifikasi oleh pihak kuasa hukum Buni Yani pada tahun 2018.

Buni
Foto: Mafindo

Dilansir dari tirto.id, Aldwin Rahardian, kuasa hukum dari Buni Yani (13/7) membantah kliennya (Buni Yani) membuat pernyataan telah menyesal memenjarakan Ahok. Aldwin dengan melampirkan tangkapan layar percakapan dirinya dengan Buni Yani memberitahu bahwa informasi itu tidak benar.

“Berita jahat dan fitnah tak berkesudahan! Dipastikan itu hoaks, Pak Buni sudah menghubungi saya tadi pagi (13/7),” jawabnya pada 13 Juli 2018 pada tirto.id.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka konten sumber tidak benar. Oleh sebab itu, konten tersebut masuk ke dalam kategori Manipulated Content atau Konten yang Dimanipulasi. (Knu)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH