[HOAKS atau FAKTA]: Bukan Gibran, Tapi Erick Tohir yang Dampingi Prabowo di Pilpres

Mula AkmalMula Akmal - Jumat, 17 November 2023
[HOAKS atau FAKTA]: Bukan Gibran, Tapi Erick Tohir yang Dampingi Prabowo di Pilpres
Tangkap layar konten hoaks. (Foto: Mafindo)

MerahPutih.com - Sebuah unggahan di Facebook membagikan narasi yang mengklaim bahwa Prabowo gandeng Erick Thohir dan bukan Gibran untuk maju dalam Pilpres 2024.

Thumbnail dalam video tersebut juga menunjukkan Prabowo bersama Erick Thohir dalam sebuah mobil. Unggahan tersebut terpublikasi pada 9 November 2023.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Prabowo Jadikan Erick Thohir Cawapres

FAKTA

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa klaim tersebut salah, faktanya Gibran Rakabuming Raka sudah secara resmi terdaftar di KPU sebagai Cawapres yang berpasangan dengan Capres Prabowo di pemilihan presiden 2024 mendatang.

Foto Erick Thohir bersama Prabowo dalam thumbnail tersebut adalah momen pada saat uji coba mobil Pindad Maung produksi dari PT Pindad (Persero) pada 25 Juli 2023.

Diketahui PT Pindad (Persero) adalah perusahaan BUMN yang bergerak dalam industri pertahanan serta sebagai produsen alat pertahanan.

Kapasitas Prabowo dalam foto thumbnail tersebut adalah sebagai Menteri Pertahanan dan Erick Thohir sebagai Menteri BUMN, bukan sebagai pasangan Capres-Cawapres.

Baca Juga:

Beredar Video Kaesang Ditolak Salaman Megawati, Gibran: Jangan Percaya Hoaks

Narator dalam video tersebut membacakan artikel berita dari Tribunnews mengenai kunjungan Prabowo ke rumah Erick Thohir pada 31 Oktober 2023, dalam artikel tersebut juga mengaitkan putusan MKMK yang pada saat itu diisukan bisa membatalkan putusan MK Nomor 90/PUU-XXI/2023 terkait batas usia Capres dan Cawapres sehingga bisa membatalkan pencalonan Gibran sebagai Cawapres dari Prabowo.

Namun putusan MKMK pada 7 November tidak membatalkan putusan MK tersebut, hanya memutuskan terkait laporan pelanggaran etik yang dilakukan oleh para Hakim MK. Sehingga Gibran bisa dicalonkan sebagai Cawapres 2024 mendatang.

KESIMPULAN

Dengan demikian, bukan Gibran tapi Erick Thohir yang akan jadi Cawapres Prabowo pada Pilpres 2024 adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.(Knu)

Baca Juga:

[HOAKS ATAU FAKTA]: Perselisihan Jokowi dan Megawati, 5 Menteri PDIP Dicopot

##HOAKS/FAKTA
Bagikan
Bagikan