[Hoaks atau Fakta]: Biden dan Putin Dukung Jokowi 3 Periode

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 24 Juni 2021
[Hoaks atau Fakta]: Biden dan Putin Dukung Jokowi 3 Periode
Presiden Jokowi bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin, di Singapura, Rabu (14/11) sore. (Foto: Setpres)

MerahPutih.com - Akun Facebook Joko Ngabalin (fb.com/joko.ngabalin.9) pada 22 Juni 2021 mengunggah sebuah gambar tangkapan layar ke grup Dukung Jokowi 3 Periode.

Di gambar tersebut, terdapat logo BBC News dan judul artikel “When Biden met Putin: We Support Jokowi-Iriana in Indonesian Presidential Election 2024” dengan narasi sebagai berikut:

“Seluruh dunia mendukung Pack Day 3 Periode, cuma catdrone biadab yg benci Pack Day #JOKOWI3PERIODE #iribilangdrun #Salam3Periode #BanserNU”

Baca Juga:

[Hoaks atau Fakta]: Komunitas IDI keluarkan Pernyataan COVID-19 Hanya Sandiwara

Sumber: https://archive.ph/rT6zA (Arsip)

FAKTA

Gambar itu merupakan gambar hasil editan atau suntingan. Pada situs BBC News, artikel aslinya berjudul “When Biden met Putin: Decoding the world leaders’ body language” yang terbit pada 17 Juni 2021.

Dikutip dari artikel tersebut, isi beritanya berisi tentang Presiden Vladimir Putin dan Presiden Joe Biden yang bertemu untuk pertemuan puncak di Jenewa, Swiss.

Tangkapan layar hoaks. (Foto: Antara)
Tangkapan layar hoaks. (Foto: Antara)

Meskipun kamera tidak diizinkan di dalam pembicaraan, pakar bahasa tubuh Mary Civiello menjelaskan interaksi mereka di luar ruang negosiasi, dan apa artinya bagi hubungan bilateral.

KESIMPULAN

Berdasarkan hasil penelusuran Mafindo, adanya gambar tangkapan layar artikel berjudul “When Biden met Putin: We Support Jokowi-Iriana in Indonesian Presidential Election 2024” yang seolah dimuat di situs BBC News merupakan konten satire atau parodi. (Knu)

Baca Juga:

[Hoaks atau Fakta]: Aparat Apel Persiapan Lockdown Jakarta

##HOAKS/FAKTA #Joe Biden #Vladimir Putin #Jokowi #Pilpres #Pilpres 2024
Bagikan
Bagikan