[HOAKS atau FAKTA] Barack Obama Kecil Bersalaman dengan Presiden Sukarno Foto Barack Obama saat masih tinggal di Indonesia. Foto: Istimewa

MerahPutih.com - Beredar postingan foto di akun Facebook Tanto Tanto yang diklaim sebagai foto Presiden Sukarno berjabat tangan dengan Barrack Obama saat masih sekolah di SD Menteng.

"Saat Presiden Soekarno datang ke SD Menteng dan bersalaman dgn Barrack Obama kecil. Tidak pernah ada orang yg menyangka kalo ternyata Obama menjadi orang nomor satu di Amerika. Memang Soekarno itu penuh kharisma”

Cek fakta

Berdasarkan hasil penelusuran Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), diketahui bahwa klaim narasi tersebut tidak benar. Diketahui bahwa foto tersebut merupakan foto Adi Nasution dan Ida Nasution, anak dari H. Mualiff Nasution, Sekretaris Pribadi Presiden Soekarno.

Dilansir dari hoaxes.id, Ida Nasution menyatakan bahwa foto tersebut merupakan foto dirinya bersama kakak kembarnya Adi.

“Itu foto saya bersama kakak kembar, Adi P Nasution, Foto yang sedang viral itu diambil pada saat ‘lebaran’ tahun 1962 bertempat di ruangan depan di Istana Negara,” jelas Ida Nasution.

Mafindo
Foto: Mafindo

“Yang datang semua pegawai Istana dan rakyat umum. Itu hanya acara bersalaman, tidak ada angpau, tidak ada bingkisan, apalagi acara makan-makan,” tambahnya.

“Kami tinggal di kompleks Istana Negara sejak tahun 1950 hingga tahun 1965, setelah peristiwa G30S kami pindah ke Jalan Jawa Menteng.”

Ida Nasution juga menjelaskan bahwa foto tersebut diambil saat dirinya bersama kakak kembar (Adi Nasution) berusia 9 tahun menjelang 10 tahun.

“Saya lahir tahun 1953,” kata Ida Nasution.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka konten tersebut tidak benar foto Presiden Soekarno bertemu Barrack Obama kecil. Oleh sebab itu, konten tersebut masuk ke dalam kategori False Context atau Konten yang Salah. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH