[HOAKS atau FAKTA]: Ada Bansos Rp 600 Ribu bagi Pemilik E-KTP Belum Dapat Bantuan #dirumahaja

Zulfikar SyZulfikar Sy - Minggu, 06 Maret 2022
[HOAKS atau FAKTA]: Ada Bansos Rp 600 Ribu bagi Pemilik E-KTP Belum Dapat Bantuan #dirumahaja
Tangkapan layar soal hoaks bansos Rp 600 ribu bagi pemilik e-KTP yang Belum Dapatkan Bantuan #dirumahaja. (Foto: MP/Turnbackhoax.id)

MerahPutih.com - Beredar sebuah postingan oleh akun Facebook Memet S pada 24 Februari 2022.

Dalam postingan tersebut berisi tentang Bantuan Sosial senilai Rp 600 ribu bagi pemilik E-KTP yang belum mendapatkan bantuan #dirumahaja dengan menyertakan link serta narasi sebagai berikut:

sekilas info buat kalian yang belum tahu sekarang ada program baru dari pemerintahan yang mengeluarkan dana bantuan sosial dan program keluaraga harapan dan bagi kalian yang sudah memiliki E-KTP sudah bisa mengambil dana bantuan sosial tunai dari pemerintahan ,sebesar Rp. 600.000 untuk biaya yang tidak mendapatkan bantuan # dirumah aja. silahkan anda daptar di tautan kami klik disini https://tinyurl.com/wy5cf4w6

Sumber: Facebook https://archive.fo/PI0AE Arsip

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA] Dele Alli Resmi Bergabung Ke Persib

FAKTA:

Berdasarkan hasil penelusuran Mafindo, informasi tersebut tidak benar, bahkan informasi yang sama telah mulai beredar sejak pandemi COVID-19 masuk ke Indonesia.

Informasi tersebut berulang kali beredar dengan sedikit perubahan pada narasi dan link yang disertakan.

Kementerian Sosial melalui akun Instagram resminya menghimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai informasi terkait bantuan sosial di tengah pandemi.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA] Militer Indonesia Bantu Ukraina Lawan Rusia

KESIMPULAN:

Dengan demikian, klaim mengenai Bantuan sosial senilai Rp600 ribu bagi pemilik E-KTP yang belum mendapatkan bantuan #dirumahaja adalah salah, dan masuk ke dalam kategori konten palsu. (Knu)

Baca Juga:

ASN Diminta Tak Ikut-ikutan Sebar Hoaks dan Ujaran Kebencian di Medsos

Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan