[HOAKS atau FAKTA]: Atribut dan Baliho Anies Dibakar Massa

Mula AkmalMula Akmal - Rabu, 01 Februari 2023
[HOAKS atau FAKTA]: Atribut dan Baliho Anies Dibakar Massa
Tangkap layar konten hoaks. (Foto: Mafindo)

MerahPutih.com- Channel youtube KABAR POLITIK pada tanggal 24 Januari 2023 mengunggah video dengan narasi yang menyatakan bahwa atribut dan baliho anies dibakar serta Anies ditolak berkampanye di Bandung.

Setelah dilakukan penelusuran, video tersebut berisi acara jalan sehat yang dilakukan Anies Baswedan di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung yang identik dengan video yang diunggah oleh channel youtube Metro dengan judul “Ribuan Warga Antusias Sambut Anies Baswedan di Stadion Jalak Harupat” pada 22 Januari 2023.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Ganjar Pranowo Dipecat dari PDIP

Thumbnail dalam video tersebut juga merupakan gambar yang telah diedit. Dalam thumbnail tersebut menampilkan atribut kampanye bergambarkan Anies yang sedang dibakar oleh massa.

NARASI

BREAKING NEWS.!!
ATRIBUT & BALIHO ANIES, DIBAK4R
PENOLAKAN KAMPANYE, DIBANDUNG MENGERIKAN. Nasdem Ketar-ketir?Anies Berduka Di Bandung, Penolakan Kampanye Mengerikan

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Pemprov DKI Lakukan Uji Coba ERP Mulai 25 Januari

FAKTA

Setelah ditelusuri Mafindo, foto asli dari thumbnail tersebut merupakan foto yang identik dengan foto yang telah tayang di kompas.com dengan judul “Demo Kenaikan Harga BBM, Ratusan Mahasiswa Robohkan Gerbang DPRD Bandar Lampung,” pada 7 September 2022.

Berdasarkan penjelasan diatas, klaim bahwa atribut dan baliho Anies dibakar tidak terbukti dan termasuk dalam konten yang dimanipulasi.

KESIMPULAN

Faktanya video tersebut berisi acara jalan sehat yang dilakukan Anies Baswedan di Stadion Si Jalak Harupat dan sama sekali tidak menampilkan atribut maupun baliho Anies yang dibakar. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Kaesang Tolak Tawaran Gabung Partai Demokrat

##HOAKS/FAKTA
Bagikan
Bagikan