[HOAKS atau FAKTA]: Ariel Noah, Rian D’Masiv, Iwan Fals dan Giring Dukung Anies

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 06 Desember 2023
[HOAKS atau FAKTA]: Ariel Noah, Rian D’Masiv, Iwan Fals dan Giring Dukung Anies
Tangkapan layar soal hoaks Ariel Noah, Rian d'Masiv, Iwan Fals dan Giring dukung Anies Baswedan. (Foto: Turnbackhoax.id)

MerahPutih.com - Akun TikTok treezhamir memposting sebuah video berdurasi 15 detik, yang mana terdapat gambar beberapa artis di antaranya Ariel Noah, Rian d’Masiv, Iwan Fals, serta Giring yang berpose mengacung satu jari.

Postingan tersebut disertai klaim artis-artis tersebut merupakan pendukung Anies Baswedan di Pilpres 2024.

SUMBER: TikTok

https://archive.cob.web.id/archive/1701315532.895419/index.html

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Perdana Menteri Israel Mengakui Kekalahannya

NARASI:

“Artis2 Pendukung Anies”

FAKTA:

Setelah ditelusuri menggunakan Google Image ditemukan gambar yang identik pada salah satu artikel milik tempo.co berjudul “Bikin Album Baru, Iwan Fals Gandeng Empat Band Tanah Air” 17 April 2016 pukul 12.19 WIB.

Gambar tersebut diambil saat jumpa pers jelang konser Bangkit Untuk Satu di Jimbaran, Bali, 15 April 2016. Jika dibaca secara lengkap dalam artikel tersebut tidak ada yang membahas mengenai dukungan kepada Anies. Hoaks serupa juga muncul pada tahun Pilpres 2019.

Gambar tersebut diambil saat jumpa pers jelang konser Bangkit Untuk Satu di Jimbaran, Bali, 15 April 2016 dan tidak ada kaitan dengan dukungan ke Anies, sehingga masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: JIS Banjir saat Piala Dunia U-17, FIFA Kritik Erick Thohir

KESIMPULAN:

Gambar Ariel Noah, Rian d’Masiv, Iwan Fals serta Giring mendukung Anies tidak benar dan merupakan hoaks lama yang kembali beredar.

Faktanya, gambar tersebut diambil saat jumpa pers jelang konser Bangkit Untuk Satu di Jimbaran, Bali, 15 April 2016 dan tidak ada kaitan dengan dukungan ke Anies. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Produk Buatan Indonesia Diboikot Amerika dan Israel

##HOAKS/FAKTA
Bagikan
Bagikan