[HOAKS atau FAKTA]: Aplikasi Pedulilindungi Bikinan Singapura

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Senin, 04 Oktober 2021
[HOAKS atau FAKTA]: Aplikasi Pedulilindungi Bikinan Singapura
QR Code PeduliLindungi. (Foto: MP/Ismail))

MerahPutih.com - Beredar informasi dari akun Twitter @yunanto_id dengan sebuah tangkapan layar postingan oleh Peter F. Gontha yang berisikan klaim bahwa aplikasi PeduliLindungi dibuat dan semua data direkam oleh Singapura. Postingan ini disukai sebanyak 46 kali dan diretweet 25 kali.

NARASI

Ternyata aplikasi PEDULI LINDUNGI itu aplikasi bikinan SINGAPORE. Gila…. Seluruh data kita direkam Singapore, dan kedaulatan Data Indonesia sudah ada ditangan mereka, meski ini aplikasi Telkom. Mereka tau Alamat kita, tgl Lahir kita, email Kita, kita makan apa, kita kemana aja… semua mereka tau. Kalau info ini salah mohon saya di informasikan apa yang salah.

FAKTA

Berdasarkan penelusuran Mafindi, Dedy Permadi selaku Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika menjelaskan bahwa aplikasi PeduliLindungi merupakan aplikasi buatan anak bangsa.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Pemerintah dan PT Telkom Indonesia (Persero), data yang dikelola dalam PeduliLindungi juga ditempatkan di pusat data nasional yang dikelola oleh Kemenkominfo.

Melihat dari penjelasan tersebut aplikasi PeduliLindungi dibuat dan semua data direkam oleh Singapura adalah tidak benar sehingga termasuk dalam kategori Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

Tangkapan layar cuitan pemilik akun twitter @yunanto_id

KESIMPULAN

Informasi yang salah. Aplikasi PeduliLindungi dibuat oleh pemerintah dan PT Telkom Indonesia serta semua data-data disimpan pada pusat data nasional yang dikelola oleh Kemenkominfo. (Knu)

#PeduliLindungi ##HOAKS/FAKTA #Penyebar Hoaks
Bagikan
Bagikan