[HOAKS atau FAKTA] Anies Sebut Pekerjaan jadi Ringan Kalau tak Dikerjakan

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 07 Juli 2020
[HOAKS atau FAKTA] Anies Sebut Pekerjaan jadi Ringan Kalau tak Dikerjakan
Gubernur DKI Anies Baswedan (baju batik). Foto: ANTARA

MerahPutih.com - Akun Facebook Bayes Dika atau @bayes.dika mengunggah foto Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang ditambahkan dengan narasi

“Seberat beratnya Pekerjaan Akan terasa ringan Bila tidak di kerjakan,” kutipan dan foto dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

Cek fakta

Setelah penelusuran Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) melalui mesin pencari, unggahan akun Facebook Bayes Dika diketahui salah atau keliru.

Dengan diketikan kalimat kutipan yang diklaim akun Facebook Bayes Dika tersebut pada mesin pencari, hasilnya tidak ditemukan berita dari media daring dengan judul dan isi berita serupa.

Foto
Foto: Mafindo

Selain itu, foto asli Gubernur Anies tersebut adalah karya jurnalis detik.com, Grandyos Zafna. Foto tersebut dijadikan sampul pada artikel berjudul “Akankah Anies Baswedan Ulangi Cerita Jokowi?” yang ditulis oleh Niken Purnamasari dan ditayangkan pada Selasa, 27 Maret 2018 dan “Anies akan Bertemu Surya Paloh Siang Ini” yang ditulis Arief Ikhsanudin pada Rabu, 24 Juli 2019.

Kesimpulan

Dengan begitu, unggahan akun Facebook Bayes Dika menurut kategori Misinformasi dan Disinformasi dari First Draft dapat disebut sebagai Misleading Content atau Konten yang Menyesatkan dengan arti penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu. (Knu)

#Anies Baswedan ##HOAKS/FAKTA
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan