[HOAKS atau FAKTA]: Anies Dapat Piala Juara 1 Corona Tangkapan layar Facebook terkait Anies juara 1 corona. (Foto: MP/turnbackhoax.id)

MerahPutih.com - Akun Erfan Putnama (fb.com/erfan.putnama) mengunggah sebuah gambar dengan narasi sebagai berikut: “ANIES DAPAT PIALA JUARA SATU DALAM CORONA HIDUPLAH JAJARTA JADI GUBERNUR GEMBEL DAN TERJOROK KUMUH”

Foto yang diunggah menampilkan Anies memegang sebuah piala, kemudia terdapat tulisan “JAKARTA JUARA 1 CORONA”. Sumber: https://archive.md/VX9WK (Arsip)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Menkes Terawan minta Kematian Dokter Tak Dibesar-besarkan

FAKTA:

Berdasarkan hasil penelusuran Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), klaim adanya foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mendapat piala juara satu corona adalah klaim yang salah.

Faktanya, bukan piala juara satu corona. Di foto itu, Anies Baswedan memegang piala reksa bahasa dalam acara penghargaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud pada Senin, 10 Desember 2018.

Foto asli, salah satunya dimuat di artikel berjudul “Seabrek Penghargaan Anies Baswedan yang Sepi Pemberitaan” di situs Replubika pada Rabu 19 Desember 2018.

 Tangkapan layar Facebook terkait Anies juara 1 corona. (Foto: MP/turnbackhoax.id)
Tangkapan layar Facebook terkait Anies juara 1 corona. (Foto: MP/turnbackhoax.id)

Foto itu diberi keterangan “Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dadang Suhendar(kiri) bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) menunjukan piala reksa bahasa dalam acara penghargaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa di Jakarta, Senin (10/12).”

Dikutip dari Liputan6, penghargaan tersebut karena keikutsertaan Anies dalam mengembangkan bahasa Indonesia. Seperti halnya sebutan pengintegrasian transportasi di Jakarta atau Jak Lingko ataupun moda raya terpadu (MRT) untuk mass rapid transit.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA] Usai Jadi Korban Penusukan, Syekh Ali Jabber Pulang ke Madinah

KESIMPULAN:

Bukan piala juara satu corona. Di foto itu, Anies Baswedan memegang piala reksa bahasa dalam acara penghargaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud pada Senin, 10 Desember 2018. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Pesantren Alquran Terbakar, Puluhan Santri dan Guru Meninggal



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH