[HOAKS atau FAKTA]: Anies Berkali-kali Salah Ucapkan Sumpah Jabatan

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 29 Agustus 2022
[HOAKS atau FAKTA]: Anies Berkali-kali Salah Ucapkan Sumpah Jabatan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Akun Twitter dengan nama pengguna “Rusman_Sumbayak” mengunggah sebuah video yang menunjukkan Anies Baswedan yang salah mengulang sumpah jabatan berulang kali. Dalam video, terlihat bahwa Anies mengulang sumpah jabatan hingga tiga kali.

SUMBER: Twitter

https://archive.cob.web.id/archive/1661061221.687358/singlefile.html

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Lagu Indonesia Raya Dinyanyikan dalam Bahasa Jepang

NARASI:

"Mengulang ucapan sumpah jabatan saja tidak becus, apalagi disuruh kerja!? Anu Edanne."

FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran Mafindo, video tersebut merupakan hasil suntingan. Faktanya, pengulangan sumpah jabatan hanya dilakukan sebanyak satu kali karena terdapat satu kata yang tidak diucapkan ketika Anies Baswedan tengah mengulang sumpah jabatan.

Versi lengkap dari video tersebut telah diunggah oleh kanal YouTube “CNN Indonesia” pada 16 Oktober 2017 dengan judul video “Sah! Anies-Sandi Resmi Pimpin Jakarta, Pelantikan Gubernur & Wagub DKI oleh Presiden Jokowi”. Adapun pengulangan sumpah dapat dilihat pada detik 9:20 hingga 9:39.

Tangkapan layar hoaks
Tangkapan layar hoaks

Narasi dengan topik serupa juga pernah beredar bulan Mei 2022. Artikel dengan topik tersebut telah dimuat dalam situs turnbackhoax.id dengan judul artikel “[SALAH] Anies Baswedan Berkali-kali Salah Mengucapkan Sumpah Jabatan” yang diunggah pada 16 Mei 2022 lalu.

KESIMPULAN

Video tersebut merupakan hasil suntingan. Faktanya, pengulangan sumpah jabatan hanya dilakukan sebanyak satu kali karena terdapat satu kata yang tidak diucapkan ketika Anies Baswedan tengah mengulang sumpah jabatan.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna “Rusman_Sumbayak” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang dimanipulasi/manipulated content. (Knu)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Peserta BPJS Wajib Skrining

##HOAKS/FAKTA
Bagikan
Bagikan