[HOAKS atau FAKTA]: Anggota Islam Nusantara Salat Magrib di Dalam Gereja Tangkapan layar Facebook tentang anggota Islam Nusantara salat di dalam gereja. (Foto: MP/Turnbackhoax.id)

MerahPutih.com - Beredar foto sejumlah orang yang sedang menunaikan ibadah salat dengan latar belakang salib. Foto itu disebar oleh akun Facebook bernama Munzirin dan dibagikan ke Manusia Merdeka.

Unggahan Munzirin itu juga menambahkan narasi yang berbentuk provokatif mengundang unsur SARA. Ia membawa-bawa nama Islam Nusantara.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Form Pendataan Usaha Mikro dan Ultra Mikro

Narasi:

“Islam Nusantara itu nabinya siapa ya…?

Tuhannya Yesus juga ya…..?

terus kitabnya mungkin kitab STENSIL….??


Fakta:

Berdasarkan penelusuruan, narasi pelintiran terhadap foto tersebut bukan yang pertama kali. Pada tahun 2018 lalu, terdapat klaim yang menyebutkan orang-orang tersebut salat di gereja.

Akun Facebook bernama ShonHaji Zuhri pun memberikan klarifikasi. ShonHaji mengatakan bahwa foto-foto yang beredar mengenai orang-orang yang sedang melaksanakan kewajiban salat maghrib dan yang viral itu bukan editan. ShonHaji salah seorang yang ada di foto itu.

Tapi yang tersebar itu banyak yang diubah atau "pelintiran" yakni dikatakan salat di gereja.

Foto-foto terkait anggota NU salat di gedung yang ada tanda salib. (Foto: MP/turnbackhoax.id)

Sejumlah orang yang melakukan salat maghrib berjamaah itu dilaksanakan di sebuah gedung yang ada salibnya.

PAC. IPNU/IPPNU Kec. Sagulung Kota Batam di Undang untuk mengisi acara Pentas Seni di Jambore Pelajar Katholik yang diadakan di Yayasan Tunas Karya (SD KATHOLIK St. Ignasius Loyola /Sekolah Berasrama) Rempang – Galang.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Gegara Sepi Job Demo, Dua Pria Ini Jadi Kekurangan Gizi

Kesimpulan:

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka informasi sejumlah orang menunaikan ibadah salat magrib di dalam gereja merupakan tidak benar. Oleh sebab itu, konten tersebut masuk ke dalam kategori Misleading Content atau Konten yang Menyesatkan. (Asp)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA] BIN Ungkap Data Jakarta Jadi Zona Hitam COVID-19

Kredit : asropihs

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH